Nilai Fantastis Sebuah Temuan Emas Berbentuk Buku Mungil Abad Ke-15

By Maria Gabrielle, Senin, 22 November 2021 | 16:00 WIB
Penampakan buku kecil dari emas. (Buffy Bailey / BNPS)

Nationalgegraphic.co.id—Seorang perawat dari Lancaster, Inggris bernama Buffy Bailey menemukan sebuah buku kecil dari emas berusia 600 tahun menggunakan alat pendeteksi logam. Kala itu, Buffy Bailey sedang menelusuri lahan pertanian di dekat Kastil Sherrif Hutton, Yorkshire Utara bersama sang suami, Ian.

Tiba-tiba detektornya menangkap sinyal yang kuat. Dilansir dari Daily Mail, Buffy Bailey mengatakan bahwa dirinya dan suami pergi ke banyak wilayah di negaranya untuk mendeteksi logam.

“Kami memutuskan untuk mengunjungi York karena kami tahun (tempat) itu memiliki banyak sejarah,” ujar Buffy Bailey kepada Daily Mail.

Setibanya di sana, Buffy Bailey dan Ian bergegas memulai penelusuran. Dia mengatakan ingin fokus pada pendeteksian, bahkan ia memunggungi jalan setapak sehingga pejalan kaki lainnya tidak berinteraksi dengannya.

“Saya mendapat sinyal di tempat yang tepat. Saya menggali sedalam 5 inci (12,7 sentimeter) dan itu (buku emas kecil) di sana, saya masih tidak percaya itu sesuatu yang istimewa. Saya hanya berpikir itu adalah tag telinga domba tua atau pull ring (tarikan laci/pintu),” ungkap Buffy Bailey.

Halaman berikutnya...