Hyperion, Menjulang di Ketinggian dari Sunyinya Hutan Redwood

By Galih Pranata, Sabtu, 27 November 2021 | 10:00 WIB
Hyperion mencakar langit, dinobatkan sebagai pohon tertinggi di dunia. (Quora)

Nationalgeographic.co.id—Hyperion menjulang tinggi, mencakar langit. Pengunjung sulit menemukan dan tak akan sadar bahwa dia menjadi pohon paling tinggi di dunia yang berada di tengah kesunyian, di dataran tinggi yang tersembunyi.

"Ketika pejalan kaki lewat di bawah Hyperion, mereka mungkin tidak tahu bahwa mereka berdiri di bawah bayang-bayang organisme hidup tertinggi, dan salah satu pohon paling terkenal, di Bumi," tulis Debczak.

Debczak menulisnya kepada Mental Floss dalam artikelnya berjudul Lonely at The Top: Protecting Hyperion, The World's Tallest Tree, publikasi tahun 2021.  

"Ia memiliki kulit kayu yang tebal dan terjal yang sama dengan ribuan pohon redwood pantai lainnya yang menjulang di atas hutan beriklim yang diselimuti kabut di California Utara, dan ia menumbuhkan dedaunan seperti jarum," tambahnya.

Seorang ahli botani telah mengukurnya pada tahun 2006. "Setelah menurunkan pita pengukur dari daun tertinggi, Anda akan mengetahui bahwa pohon itu—dikenal sebagai Hyperion—berdiri lebih dari 118 meter. Itu membuatnya hampir 23 meter lebih tinggi dari Patung Liberty," imbuh Debczak.

Baca Juga: Temuan Pohon yang Membatu Ungkap Keberadaan Banyak Fosil Hewan Purba

"Perlu diketahui, bahwa Hyperion tidak ditandai di peta mana pun, Negara Bagian Redwood dan Taman Nasional menyembunyikan lokasinya di cekungan Redwood Creek dari publik," lanjutnya. Meskipun ukurannya yang tinggi dan batangnya terlihat tangguh, Hyperion rentan.

Sebagai pohon tertinggi yang ada, Hyperion dalam ekosistem Redwood pantai memiliki kebutuhan khusus. "Untuk tumbuh hingga setengah sampai satu meter per tahun, mereka membutuhkan hidrasi konstan," sambungnya.

Di daerah dengan tingkat curah hujan yang tinggi, pepohonan bergantung pada sumber kelembapan cadangan jika terjadi musim kemarau, seperti halnya kabut tebal yang dihasilkan oleh lautan, yang membuat hutan redwood tetap lembap sepanjang tahun.

Hanya beberapa tempat di Bumi yang memenuhi kriteria ini. Saat ini, bentang alam pantai Redwood terbatas pada garis pantai sepanjang 450 mil hingga 35 mil yang membentang melalui California Utara ke Oregon Selatan.

Richard Campbell, direktur restorasi untuk Save the Redwoods, menulis dalam laman resminya, artikel berjudul Save the Redwoods League, menjelaskan tentang alasan disembunyikannya hutan Redwood, termasuk Hyperion yang menakjubkan di dalamnya.

"Ketika orang-orang mengetahui lokasi pohon tertinggi di seluruh dunia, mereka akan segera bergegas untuk melihatnya," ungkap Campbell.