Spelunking: Hobi Menjelajah Gua yang Ekstrem, Namun Tetap Digemari

By Galih Pranata, Selasa, 23 November 2021 | 11:00 WIB
Penjelajah Kory Kowallis, tengah melakukan susur gua ke bagian Scout Trap, di Gua Nutty Putty. (Jon Jasper)

Nationalgeographic.co.idSpelunking Cave atau susur gua adalah hobi yang ekstrem, namun banyak digemari oleh para pencinta olahraga ini. Seseorang yang gemar menjelajah akrab dengan sebutan spelunker.

Aktivitas rekreasi yang semakin populer ini mengajak penggemarnya menjelajahi gua atau lorong berbatu, dengan berjalan, memanjat, meremas, hingga merangkak melalui lorong-lorong yang sempit, lembab dan gelap. 

Terdapat beberapa tipe pencinta spelunking di dunia ini, termasuk para spelunker yang memandang bahwa kegelapan dan ruang sempit menjadi menarik dan menantang. Utamanya, mereka yang bisa merasakan keindahan dalam gelap.

Terdapat beberapa teknik yang digunakan oleh spelunker dalam menjelajah lorong demi lorong. "Mereka dapat melakukan zip line atau rappel menuruni level gua yang berbeda, bahkan menyelam di bawah air!," tulis Travel Chanel.

Travel Chanel menjelaskan tentang spelunking yang merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari di Amerika Serikat. Ia menulisnya dalam artikel berjudul What You Need to Know About Spelunking, publikasi tahun 2021.

"Melalui penjelajahan, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan Anda temukan di setiap sudut gua. Anda mulai merangkak, menikmati aliran bawah tanah, air terjun, ngarai, dan makhluk-makhluk gua, seperti kelelawar," tambahnya.

Halaman berikutnya...