Kontroversi YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike: Untuk Kebaikan Siapa?

By Utomo Priyambodo, Rabu, 24 November 2021 | 09:00 WIB
YouTube telah menyembunyikan jumlah (YouTube)

Nationalgeographic.co.id—Kini para pengguna YouTube tidak akan lagi bisa melihat berapa banyak jumlah "dislike" atau "tidak suka" yang didapat oleh video-video yang diunggah para pengguna lain. Sebab, YouTube secara resmi telah menyembunyikan jumlah "dislike" pada video manapun di platformnya dari penglihatan para pengguna yang bukan kreator akun tersebut.

YouTube mengatakan penyembunyian jumlah dislike ini sebagai upaya untuk mencegah "serangan" terhadap para pembuat konten. Menurut mereka, kesehatan mental para kreator konten video dapat dipengaruhi oleh "pelecehan" berupa tingginya jumlah "dislike" di video mereka.

Platform streaming video yang berbasis di Amerika Serikat itu menjelaskan bahwa para pembuat konten masih dapat melihat jumlah "dislike" pada video mereka sendiri. Namun jumlah "dislike" itu tidak akan lagi terlihat di samping tombol "suka" atau "like" di bagian komentar di bawah setiap video.

Daily Mail memberitakan, perubahan fitur baru ini diluncurkan di YouTube setelah pengumuman minggu lalu. Perubahan ini mengikuti hasil uji coba pembaruan awal tahun ini.

YouTube mengatakan tujuan perubahan ini adalah untuk "melindungi" para pembuat konten dari "serangan" terkoordinasi. "Serangan" yang dimaksud adalah para pengguna berkumpul bersama untuk meningkatkan jumlah "dislike" pada video tertentu. YouTube meyakini, perubahan ini juga akan mengurangi pelecehan secara keseluruhan.