'Jupiter Terpanas' Ini Miliki Orbit Terpendek dari Semua Raksasa Gas

By Wawan Setiawan, Jumat, 26 November 2021 | 13:00 WIB
Planet yang baru ditemukan ini relatif dekat dengan bintangnya, pada jarak hanya sekitar 1,5 juta mil. (NASA, ESA and G. Bacon)

Nationalgeographic.co.id—Perburuan planet di luar tata surya kita telah menghasilkan lebih dari 4.000 dunia yang sangat jauh, mengorbit bintang ribuan tahun cahaya dari Bumi. Planet-planet ekstrasurya ini benar-benar kebun binatang, mulai dari Bumi super berbatu dan Neptunus mini hingga raksasa gas kolosal seperti Jupiter.

Di antara planet-planet yang lebih membingungkan yang ditemukan hingga saat ini adalah planet yang diberi julukan sebagai "Jupiter panas". Ia merupakan bola-bola gas besar yang seukuran planet Jovian kita sendiri, tetapi mengelilingi bintang-bintangnya dalam waktu kurang dari 10 hari, berbeda dengan Jupiter yang lamban, 12 tahun untuk mengorbit.

Para ilmuwan telah menemukan sekitar 400 Jupiter panas hingga saat ini. Tapi bagaimana tepatnya pusaran berat ini muncul tetap menjadi salah satu misteri terbesar yang belum terpecahkan dalam ilmu planet.

Kini, para astronom telah menemukan salah satu Jupiter superpanas dan paling ekstrim. Ia adalah raksasa gas yang massanya sekitar lima kali massa Jupiter dan mengelilingi bintangnya hanya dalam 16 jam (Ini berarti 1 tahun di Bumi sama dengan 16 jam di planet tersebut). Orbit planet ini adalah yang terpendek dari semua raksasa gas yang diketahui hingga saat ini.

Temuan ini telah dipublikasikan di Astronomical Journal pada 23 November 2021 dan diberi judul TOI-2109: An Ultrahot Gas Giant on a 16 hr Orbit.