Akibat Kabut Asap, Kualitas Udara Pekanbaru dan Palembang dalam Kondisi Berbahaya

By , Senin, 14 September 2015 | 14:00 WIB

Kualitas udara di Kota Pekanbaru dan Palembang pada Senin (14/9) masuk kategori berbahaya seiring dengan meningkatnya jumlah titik api di Pulau Sumatera.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyebutkan terdapat 1.143 titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera. Dari jumlah tersebut, sebaran terbanyak berada di Sumatera Selatan dengan 724 titik api dan Jambi dengan 234 titik api.

Padahal, pada Jumat (11/9), titik panas di Sumatera terdeteksi sebanyak 575 buah.

Akibat intensitas titik panas tersebut, jarak pandang di sejumlah kota amat terbatas. Di Pekanbaru, Provinsi Riau, misalnya, jarak pandang mencapai 200 meter. Adapun di Dumai dan Pelalawan, jarak pandang maksimal hingga 50 meter.

Selain jarak pandang, Sutopo menyebutkan kualitas udara di Pekanbaru masuk kategori berbahaya karena mencapai 984 PSI (Pollutan Standard Index, indeks standar polutan), dan di Palembang mencapai 550 PSI.

Berdasarkan Indeks Standar Pencemaran Udara, angka itu amat jauh di atas kategori 'berbahaya' yang berada di rentang 300 hingga 500 PSI.

Asap pekat dari kebakaran lahan gambut di Plintung, Medan Kampai, Dumai, Riau, Selasa (18/3). Titik api di Plintung masih banyak dan kabut asap juga masih tebal. Pemadaman dilakukan melalui darat dan bom air dari helikopter. (KOMPAS/LUCKY PRANSISKA)

Asap masuk rumah

Aulia Faisal, seorang warga Pekanbaru, mengatakan kondisi udara sangat parah.

"Pagi ini keadaannya gelap seperti sore menuju maghrib. Asap begitu pekat sehingga saya harus sangat hati-hati dalam mengendarakan mobil karena pandangan samar," kata Aulia.

Aulia menyebut pula, asap telah memasuki rumah-rumah.

"Jangankan di luar rumah, asap telah masuk rumah, sekalipun kita memasang pintu dan jendela kedap udara," ujarnya.

Akibat situasi ini, para murid sekolah di Pekanbaru telah diliburkan hingga batas waktu yang tak ditentukan. Meski demikian, sejumlah anak telah terpapar asap dan mengalami infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).