Rupanya Bahasa Kuno Aborigin Hanya Mengenal Hingga Angka 5

By , Rabu, 16 September 2015 | 11:00 WIB

Bahasa kuno Aborigin di Australia ternyata hanya mengenal angka sampai angka 5. Namun belakangan bahasa ini berkembang dan kata untuk angka 7, misalnya, merujuk pada bentuk bumerang.

Demikian terungkap dalam laporan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Proceedings of the Royal Society B, Rabu (16/9).

Penelitian ini mengungkapkan bahwa bahasa kuno penduduk Australia tidak statis melainkan menyesuaikan diri pada kebutuhan terhadap kata-kata baru.

Penelitian ini merupakan kolaborasi yang dipimpin Professor Claire Bowern dan Kevin Zhou dari Yale University.

Dr Bowern, yang merupakan lulusan Australian National University, menggunakan data yang ia kumpulkan selama 8 tahun berupa 750 ribu kata yang dipergunakan oleh sekitar 400 bahasa aborigin.

Penelitian ini fokus pada sistem angka dalam rumpun bahasa Pama-Nyungan, yang mencakup hampir 70 persen bahasa asli Australia.

Suku Yolngu menyantap setiap bagian penyu hijau yang dapat dimakan, hingga jaringan ikat kuning. Yolngu sebagai bagian dari suku Aborigin dapat Anda simak kisahnya dalam NGI Juni 2013. (Amy Toensing)

!break!

Tim peneliti menerapkan metode analisa yang biasa dipergunakan dalam bidang biologi evolusi untuk merekonstruksi asal-usul bahasa aborigin saat ini.

"Dengan metode rekonstruksi ini kita bisa mengetahui bagaimana bahasa ini dipergunakan 5000 tahun silam," jelas Dr Bowern.

Dijelaskan, bahasa yang dipergunakan manusia dari era berburu dan mengumpul makanan masih memiliki keterbatasan dalam konsep angka.

"Hampir semua bahasa aborigin memiliki batasan angka tertinggi," katanya.