Jejak Kanibalisme Prasejarah Ditemukan di Gua Cheddar Gorge, Inggris

By Galih Pranata, Senin, 29 November 2021 | 09:00 WIB
Gua Gorge di Inggris, tempat ekskavasi ditemukannya aktivitas kanibalisme orang Inggris di masa lampau. (Atlas Obscura)

Nationalgeographic.co.idMuseum di Cheddar telah mengeksplorasi kehidupan di Inggris era prasejarah melalui pameran tentang keterampilan bertahan hidup, seni, dan aktivitas sehari-hari di Zaman Batu.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi manusia pertama yang menjajah Inggris setelah zaman es. Penelitian telah menunjukkan bahwa suku pemburu pindah ke Inggris dari Spanyol dan Perancis dengan kecepatan luar biasa ketika pemanasan global mengakhiri zaman es.

"Sekitar 14.700 tahun yang lalu, mereka menetap di sebuah gua –yang dikenal sebagai Gua Gorge, di Ngarai Cheddar, tempatnya kini dikenal dengan Somerset," tulis Nicholas Jackson kepada Atlas Obscura.

Ia menjelaskan kehidupan prasejarah di gua Gorge (Gough) dan aktivitas manusianya lewat artikelnya berjudul The Cheddar Man and Cannibals Museum Cheddar, England Museum about life, death, and cannibalism in the Stone Age, publikasi 2010.

"Pemandu (Gua Gorge, Cheddar) menjelaskan dan mendemonstrasikan cara membuat kepala kapak dan cara memanfaatkan gading mamut dalam pembangunan rumah," tambahnya. Hanya saja, perjalanan ke Gorge terkesan mengerikan, melihat aktivitas kanibalisme disana.

"Mereka (pramuwisata) juga menjelaskan bagaimana nenek moyang saling memakan satu sama lain (kanibal)." imbuh Jackson. Para ilmuwan juga menemukan bahwa manusia prasejarah disana menggunakan teknik pemotongan yang canggih untuk melepaskan daging dari tulang pria, wanita dan anak-anak.

Halaman berikutnya...