Spesies Ular Baru di Himalaya Barat Ditemukan Lewat Unggahan Instagram

By Sysilia Tanhati, Rabu, 1 Desember 2021 | 10:00 WIB
Meski penduduk lokal sering melihatnya, ternyata ular ini belum pernah dideskripsikan. (Mirza ZA, Bhardwaj VK, Patel H )

Nationalgeographic.co.id—Pandemi Covid-19 membuat banyak orang harus bekerja dan menghabiskan waktu di rumah. Tidak terkecuali Virendar Bhardwaj.

Ia adalah mahasiswa di Universitas Guru Nanak Dev. Selama pandemi, Bhardwaj menghabiskan waktu di rumahnya, di Chamba, sebuah kota yang terletak di kaki Himalaya.

Untuk mengisi waktu, ia menjelajahi halaman belakang rumahnya dan mengamati kehidupan binatang liar di sekitarnya. Foto-foto serangga, reptil, atau unggas yang ditemukan pun diunggah di akun Instagram pribadinya.

Pada Juni 2020, ia mengunggah satu foto seekor ular kecil hitam putih yang menjulurkan lidahnya yang bercabang. Tidak perlu menunggu lama, foto unggahannya menarik perhatian Zeeshan Mirza. Mirza adalah seorang ilmuwan yang mempelajari reptil dan amfibi di Pusat Nasional Ilmu Biologi India.

Mirza menghubungi Bhardwaj karena dia tidak mengenali jenis ular yang ia lihat melalui unggahan Instagram. Dari hasil percakapan melalui telepon, mereka menyadari bahwa ular itu belum dideskripsikan dalam literatur ilmiah. Meskipun ular tersebut sering ditemukan oleh penduduk setempat. Deskripsi soal ular jenis baru ini diterbitkan di jurnal Evolutionary Systematics.

Bhardwaj mengidentifikasi ular itu sebagai kukri, sejenis ular dengan gigi melengkung seperti belati Nepal, yang disebut kukri. Ular itu tampak mirip dengan kukri biasa, Oligodon arnensis, tetapi berbeda dalam beberapa aspek, kata Mirza.

Tim penelitian kemudian menangkap dua ular—satu jantan dan satu betina—untuk diteliti lebih lanjut. Mereka membedah spesimen dan mengumpulkan data morfologi, seperti jumlah sisik dan bentuk tengkorak. Juga melakukan analisis DNA dan membandingkan genom ular dengan spesies lain. Hasilnya, peneliti ini setuju bahwa ular yang difoto Bhardwaj belum dideskripsikan.