Akhirnya Gurita Dinyatakan Sebagai Binatang, Selama Ini Dianggap Apa ?

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 30 November 2021 | 17:00 WIB
UU inggris menetapkan bahwa gurita masuk dalam kategori (FlyingCrafter/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Pemerintah Inggris telah secara resmi memasukkan krustasea dekapoda—termasuk kepiting, lobster, dan udang karang—dan moluska cephalopoda—termasuk gurita, cumi-cumi, dan sotong—dalam  Animal Welfare (Sentience) Bill nya. Ini berarti mereka sekarang diakui sebagai "makhluk hidup" di Inggris.

Langkah ini diambil dari tinjauan independen yang dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Dr. Jonathan Birch, seorang profesor di Departemen Filsafat, Logika, dan Metode Ilmiah London School of Economic. Mereka melihat lebih dari 300 penelitian dan menemukan “bukti ilmiah yang kuat bahwa krustasea dekapoda dan moluska cephalopoda adalah makhluk hidup”. Perasaan adalah konsep subjektif yang telah diperdebatkan selama berabad-abad, tetapi umumnya mengacu pada kapasitas untuk secara sadar merasakan dan memiliki sensasi seperti rasa sakit.

Vertebrata (hewan dengan tulang punggung) sudah masuk kedalam list mereka, tetapi gurita dan hewan invertebrata lainnya sebelumnya sulit dikenali sebagai makhluk hidup karena kurangnya atau tidak memiliki tulang punggung. Sistem saraf pusat invertebrata sangat berbeda dari vertebrata. Misalnya, gurita memiliki otak berbentuk donat di kepala mereka dan delapan "otak mini" lainnya di setiap tentakel.

Namun, ini tidak berarti saraf pusat mereka. Sistem ini tidak sekompleks mamalia tertentu yang dianggap makhluk hidup oleh manusia. Jika Anda telah menonton film dokumenter My Octopus Teacher, Anda akan tahu bahwa cephalopoda bisa sangat cerdas, mampu melakukan beberapa perilaku yang sangat kompleks, termasuk kemungkinan sakit fisik dan emosional. Ada juga beberapa bukti kuat bahwa beberapa krustasea merasakan sakit.

Halaman berikutnya...