Alasan Sains Anak-Anak Bebek Berenang Berbaris di Belakang Induknya

By Utomo Priyambodo, Rabu, 1 Desember 2021 | 11:00 WIB
Ada alasan sains di balik anak-anak bebek yang berenang berbaris di belakang induknya, (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Ternyata ada alasan sains di balik aktivitas anak-anak bebek berenang berbaris di belakang induknya. Dengan berengan dalam barisan yang teratur di belakang induknya, anak-anak bebek itu dapat menunggangi ombak yang mengikuti mereka.

Dorongan ombak yang dihasilkan dari gerakan induknya di depan itu telah menghemat energi anak-anak bebek tersebut, papar para peneliti dalam laporan studi mereka yang terbit di Journal of Fluid Mechanics edisi 10 Desember. Laporan studi ini telah diterbitkan secara online oleh Cambridge University Press pada 5 Oktober 2021.

Pengukuran metabolisme bebek sebelumnya menunjukkan bahwa anak-anak bebek menghemat energi ketika berenang di belakang induknya. Namun penjelasan fisika di balik penghematan itu belumlah diketahui, sebagaimana dilaporkan oleh Science News.

Menggunakan simulasi komputer dari gelombang unggas air, arsitek laut Zhiming Yuan dari University of Strathclyde di Glasgow, Skotlandia, dan rekan-rekan penelitinya menghitung bahwa anak-anak bebek yang berenang di tempat yang tepat di belakang induknya mendapat bantuan gaya dorong.

Studi mereka berusaha menjawab tiga pertanyaan; mengapa anak-anak bebek berenang seperti ini, formasi apa yang terbaik, dan berapa banyak energi yang dihemat?

Untuk memperkirakan hambatan gaya yang muncul pada regu renang induk bebek dan anak-anaknya, tim peneliti menyusun model numerik untuk mensimulasikan. Hasil studi mereka berhasil mengungkapkan dua penemuan baru yang signifikan.

Halaman berikutnya...