Studi Baru: Air Ternyata Pernah Mengalir di Arabia Terra, Mars

By Wawan Setiawan, Minggu, 5 Desember 2021 | 13:00 WIB
Studi baru ilmuwan mengungkap bahwa air pernah mengalir di Arabia Terra Mars meski cuma sebentar. (NASA/JPL/UArizona)

Nationalgeographic.co.id - Sebagai bagian dari tim kolaborator dari Northern Arizona University dan Johns Hopkins University, kandidat Ph.D. NAU Ari Koeppel baru-baru ini menemukan bahwa air pernah ada di wilayah Mars yang disebut Arabia Terra.

Arabia Terra berada di garis lintang utara Mars. Dinamakan pada tahun 1879 oleh astronom Italia Giovanni Schiaparelli, tanah kuno ini mencakup area yang sedikit lebih besar dari benua Eropa. Arabia Terra berisi kawah, kaldera vulkanik, ngarai, dan kumpulan batu indah yang mengingatkan pada lapisan batuan sedimen di Painted Desert atau Badlands.

Lapisan batuan ini dan bagaimana mereka terbentuk adalah fokus penelitian untuk Koeppel bersama dengan penasihatnya, profesor Christopher Edwards dari Departemen Astronomi dan Ilmu Planet NAU bersama dengan Andrew Annex, Kevin Lewis, dan mahasiswa sarjana Gabriel Carrillo dari Universitas Johns Hopkins. Studi mereka telah dipublikasikan di jurnal Geology pada 20 Oktober 2021, berjudul A fragile record of fleeting water on Mars.

Melansir Tech Explorist, Ari Koeppel mengatakan, "Kami secara khusus tertarik menggunakan batuan di permukaan Mars untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan masa lalu tiga hingga empat miliar tahun yang lalu dan apakah mungkin ada kondisi iklim yang cocok untuk kehidupan di permukaan."

Ia juga menambahkan, "Kami juga tertarik pada apakah ada air yang stabil, berapa lama bisa ada air yang stabil, seperti apa atmosfernya dan seperti apa suhu di permukaannya."

Baca Juga: Bukti Baru Mars Layak Huni, Ada Tanda Interaksi Air di Dasar Kawahnya

Mars, hingga kini masih dipenuhi dengan misteri yang menunggu untuk dipecahkan. (conceptcafe / stock.adobe.com)

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi di mana sebuah proses menciptakan lapisan batuan, para ilmuwan berfokus pada inersia termal, yang mendefinisikan kemampuan suatu material untuk mengubah suhu. Pasir, dengan partikel kecil dan lepas, mendapatkan dan kehilangan panas dengan cepat, sementara batu besar akan tetap hangat dalam jangka waktu yang lama setelah gelap. Dengan melihat suhu permukaan, mereka dapat menentukan sifat fisik batuan di daerah penelitian mereka. Mereka bisa mengetahui apakah suatu bahan longgar dan terkikis ketika sebaliknya terlihat seperti padat.

"Tidak ada yang melakukan penyelidikan inersia termal yang mendalam dari deposit yang sangat menarik ini yang menutupi sebagian besar permukaan Mars," kata Christopher Edwards, dari NAU's Department of Astronomy and Planetary Science.

Untuk melengkapi studinya, Koeppel menggunakan instrumen penginderaan jauh pada satelit yang mengorbit.

"Sama seperti ahli geologi di Bumi, kami melihat bebatuan untuk mencoba menceritakan kisah tentang lingkungan masa lalu. Di Mars, kami sedikit lebih terbatas. Kami tidak bisa hanya pergi ke singkapan batu dan mengumpulkan sampel—kami cukup bergantung pada data satelit. Jadi, ada beberapa satelit yang mengorbit Mars, dan masing-masing satelit menampung koleksi instrumen. Setiap instrumen memainkan perannya sendiri dalam membantu kami menggambarkan bebatuan yang ada di permukaan," tutur Koeppel.

Baca Juga: Terungkap, Bagian Mars Utara Pernah Mengalami Ribuan 'Letusan Super'