Penemuan Jejak Kaki Ungkap Penjelajahan Dinosaurus Sauropoda di Skotlandia

By , Sabtu, 5 Desember 2015 | 09:00 WIB

Ratusan trek ditemukan di sepanjang pantai Skotlandia menunjukkan bahwa dinosaurus besar dan berleher panjang pernah menjejakkan kaki di sini.

Jejak kaki dinosaurus ini membentuk situs terbesar yang pernah ditemukan di Skotlandia. Jejak-jejak tersebut juga menunjukkan bahwa sauropoda, yang termasuk dinosaurus terbesar sepanjang masa, bersarang di sepanjang pantai.

Hubungan dinosaurus raksasa terhadap air telah lama diperdebatkan. Hampir selama abad ke-20, ahli paleontologi menduga sauropoda pastilah berkubang dalam rawa-rawa, di mana air dapat mendukung ukuran mereka yang luar biasa besar dan berat.

Tetapi penemuan selama Renaisans Dinosaurus di tahun 1970-an dan 80-an mengenyahkan pandangan tersebut. Sauropoda ternyata sangat ringan untuk ukuran mereka. Mereka lebih mungkin untuk mengapung daripada membenamkan kaki mereka ke dasar danau. Sebuah pandangan baru menunjukkan bahwa sauropoda menjelajah hutan, bukan mengepul rawa-rawa.

Sekarang, jejak kaki baru di Pulau Skye adalah bagian dari gambaran yang berkembang bahwa beberapa dinosaurus sauropoda juga sering mengunjungi tepi laguna dan pantai kuno. Geologi situs Pulau Skye memberikan bukti kuat bahwa dinosaurus berjalan di sekitar laguna air payau.!break!

Sebuah Penemuan Raksasa

"Kami telah pergi ke bentangan pantai yang sepi di ujung timur laut jauh dari pulau," kata Stephen Brusatte, ahli paleontologi University of Edinburgh, yang mengelola situs di Pulau Skye setelah ahli geologi menemukan fosil di sana.

Setelah menghabiskan hari menemukan sebagian besar gigi hiu dan fosil kecil lainnya, Brusatte mengatakan, ia dan ahli fosil ikan Tom Challands melihat sesuatu yang tampak seperti sebuah lubang. Itu jejak kaki dinosaurus.

Penemuan awal berubah menjadi serangkaian trek di area berukuran sekitar 15 meter kali 25 meter.

Ratusan trek dinosaurus mencakup situs yang baru ditemukan di Skotlandia, Isle of Skye. (Stephen Brusatte)

Bukan hanya ukuran situs trek yang luar biasa. Jejak kaki di Pulau Skye ini ternyata berasal dari periode Jurassic Tengah, lebih dari 161 juta tahun yang lalu. Brusatte mengatakan, “Ini adalah salah satu interval waktu yang paling kurang dipahami pada evolusi dinosaurus." Trek menawarkan kilasan baru tentang di mana dinosaurus hidup di dan bagaimana mereka berperilaku selama periode misterius ini.

“Penemuan tulang dinosaurus dari Jurassic Tengah sangat langka,” kata paleontolog Emory University, Anthony Martin.

Lintasan jejak, bagaimanapun, adalah cerita yang berbeda. "Jejak-jejak ini sangat berharga untuk mengisi kesenjangan dalam pemahaman kita tentang evolusi dinosaurus," kata Martin.

Identitas tepat dari dinosaurus yang meninggalkan jejak kaki tidak diketahui. Kecuali dinosaurus secara harfiah mati di jalurnya, biasanya tidak mungkin untuk mencocokkan kaki rangka untuk jejak.