Temuan Tembok Abad Pertengahan Di Bawah Gedung Parlemen Belanda

By Maria Gabrielle, Jumat, 10 Desember 2021 | 13:00 WIB
Temuan tembok dari abad ke-13 di bawah gedung parlemen Belanda. (Municipality of The Hague)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog Belanda dikejutkan dengan temuan sisa-sisa tembok abad pertengahan yang ditemukan di bawah gedung parlemen Belanda 'Binnenhof' di Den Haag. Awalnya, gedung tersebut sedang dipersiapkan untuk renovasi, sebagai bagian dari prosedur, arkeolog dilibatkan untuk memindai gedung tersebut untuk mencari benda-benda historis. Saat itulah para arkeolog menemukan sisa-sisa tembok abad pertengahan.

Dilansir dari Ancient Origins, dalam siaran pers Municipality of the Hague disebutkan tembok tersebut mungkin dibangun pada masa pemerintahan Floris V. Beliau merupakan salah satu orang terpenting dalam sejarah Belanda.

Tembok diperkirakan dibangun pada abad ke-13 ketika negara Belanda (The Netherlands) belum berdiri. Tembok abad pertengahan tampaknya dibangun kira-kira pada waktu yang sama dengan Ridderzaal atau Hall of Knights (aula ksatria) bangunan utama Binnenhof.

Kendati demikian, masih belum dapat dipastikan apakah tembok itu terhubung ke Ridderzaal dan diperlukan penggalian lebih lanjut untuk memastikan hal ini. Untuk saat ini tampaknya masuk akal bahwa tembok itu adalah bagian dari bangunan lain milik bangsawan Belanda. Tembok tersebut mungkin bagian dari gerbang yang mengontrol akses ke tempat tinggal bangsawan dan ksatria yang lebih rendah.

Kemegahan istana Belanda terlihat dari bahan yang digunakan untuk membangun tembok tersebut. Batu bata besar digunakan untuk mendirikannya menunjukkan kekayaan dan kemakmuran bangsawan Belanda.