536 M Adalah Tahun Terburuk di Bumi dalam Catatan Sejarah Kuno

By Galih Pranata, Minggu, 12 Desember 2021 | 12:00 WIB
Letusan gunung berapi di Islandia pada awal tahun 536, menyebarkan abu di belahan bumi utara, menciptakan kabut dan mendinginkan suhu di bumi. (Cavan Images/History)

Nationalgeographic.co.id—Jika mengingat tahun 1347 M, itu merupakan tahun yang buruk. Di tahun itulah, wabah Black Death secara serius melanda Eropa, menewaskan ratusan hingga ribuan jiwa, kala itu.

Namun, beberapa ahli dan sejarawan, mulai berpendapat serta mencatat tragedi yang terburuk sepanjang sejarah, terjadi pada tahun 536 M. 

Salah satu pakar arkeologi dari Universitas Harvard, peneliti kenamaan cum sejarawan abad pertengahan bernama Michael McCormick, mengatakan kepada Science Magazine di tahun 2018 lalu.

"536 adalah tahun ke-10 masa pemerintahan kaisar Bizantium Justinianus Agung, dan tidak banyak yang terjadi di dunia manusia selain dari pertempuran biasa yang membosankan," tulis Michelle Starr.

Ia menulis artikel kepada Science Alert yang menjelaskan tentang fenomena alam yang terjadi di tahun 536. Artikelnya berjudul The Worst Year to Be Alive in Human History Is Probably Not The One You Think, terbit pada 3 Mei 2021.

Ia menambahkan bahwa, "Tidak ada malapetaka (belum, bagaimanapun), tidak ada genosida yang luar biasa besar yang terjadi dan menggemparkan sejarah dunia di tahun-tahun itu," tambahnya. Tapi sesuatu yang aneh terjadi di langit.

Baca Juga: Bakteri Penyebab Black Death Sudah Menyerang Manusia 5.000 Tahun Lalu

Laporan para ahli menyebut tentang kabut misterius dan berdebu muncul di langit, menghalangi Matahari untuk memancarkan sinarnya ke bumi. Suhu musim panas anjlok antara 1,5 hingga 2,5 °C, menyebabkan gagal panen dan jutaan orang mati kelaparan.

"Hal itu menyebabkan suhu di bumi menjadi turun dan memicu kekacauan di seluruh dunia selama bertahun-tahun—kekeringan, gagal panen, salju musim panas di Cina, dan kelaparan yang meluas," lanjutnya.

"Dan terjadilah selama tahun ini bahwa sebuah pertanda yang paling menakutkan terjadi," tulis sejarawan Bizantium Procopius yang dikutip dalam tulisan Michelle Starr.

"Karena matahari memancarkan cahayanya tanpa kecerahan, seperti bulan, selama tahun ini, dan ia tampak sangat seperti matahari di gerhana, karena pancaran sinarnya tidak jelas atau seperti yang biasa ditumpahkan," imbuh Procopius dalam Starr.

Kekacauan terjadi di Romawi, saat wabah pes memperburuk keadaan di abad ke-XVI. (Medium)