Mengenal Laba-laba 'Halloween' yang Tubuhnya Mirip dengan Labu

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 13 Desember 2021 | 12:00 WIB
Laba-laba Halloween atau Araneus marmoreus betina dengan perut yang tampak seperti labu. (Piccolonamek/Wikimedia commons via IFL Science)

Nationalgeographic.co.id—Halloween identik dengan labu yang diukir dengan wajah yang menyeramkan. Rupanya di alam liar, ada lho hewan yang membuat kita teringat akan momen halloween. Ya, mereka adalah laba-laba Araneus marmoreus atau laba-laba labu.

Spesies ini juga dikenal dengan nama marmer orbweaver dan berasal dari keluarga Araneidae. Sang betina memiliki bentuk tubuh sangat mirip dengan labu karena perut mereka membengkak sehingga menambah estetika. Sementara jantan biasanya memiliki tubuh setengah lebih kecil dari ukuran betina.

Habitat mereka meliputi ladang, hutan, semak belukar, dan daerah pinggiran kota di Amerika Utara, Asia Utara, dan Eropa. 

Dikutip Kidadl, perilaku reproduksi yang tepat dari spesies tersebut belum diteliti dalam arti yang lebih luas. Tetapi kita dapat mengasumsikan sifat reproduksi mereka dari laba-laba lain dari genus Araneus. Laba-laba betina dewasa dari genus melepaskan feromon untuk menarik pasangan. Laba-laba jantan dewasa memutar benang kawin di jaring betina.

Kemudian laki-laki berjalan melintasi benang itu menuju perempuan, dan perempuan mulai maju ke arah laki-laki. Laba-laba dari genus ini menunjukkan sifat kanibalisme seksual, dan diketahui kawin beberapa kali dalam hidup mereka.