5 Jenis Makanan yang Dapat Menyembuhkan Demam

By , Selasa, 1 Maret 2016 | 10:00 WIB

Orang-orang saat ini masih berjuang dalam menyelamatkan diri dari demam selama berabad-abad dan kita masih belum mengetahui obat apa yang paling dekat untuk menyembuhkannya.

Nyatanya, jumlah anak sekolah yang terserang demam, menyebabkan setidaknya 40 persen waktu mereka untuk melewatkan sekolah atau pergi ke kantor bagi orang dewasa selama bertahun-tahun.

(Baca juga: 5 Makanan Penambah Trombosit)

Namun saat ini kita tidak perlu terlalu khawatir, karena dibawah ini ada beberapa makanan super yang terbukti dapat mengurangi flu, batuk, sakit kepala dan demam:

1. Sup Ayam

Menurut sebuah penelitian di dalam American Journal of Therapeutics, mengatakan bahwa sup ayam memiliki kemampuan untuk menolong system imun tubuh kita untuk melawan gejala flu. Hal ini dikarenakan adanya senyawan Carnosine yang ditemukan di dada ayam dan kaldu ayam yang dapat membantu tubuh kita untuk menghambat peradangan oksida nitra yang biasanya datang bersama dengan gejala flu.

(Baca juga: Demam Juga Bermanfaat untuk Tubuh)

Penelitian lain dari double blind juga mengatakan bahwa uap sup ayam yang terkena aliran udara dan lendir di hidung pasien, dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

2. Madu

 

Cairan madu (Thinkstockphoto)

Para peneliti mengatakan madu dapat menjadi salah satu obat alami yang terbaik untuk mengobati batuk di malam hari. Sebuah penelitian dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang memakan 2 sendok the madu 30 menit sebelum tidur frekuensi dan tingkat parahnya batuk pada malam hari mereka berkurang dan mereka dapat tidur dengan lebih baik sepanjang malam dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.

(Baca juga: Anak Demam Disertai Kejang? Waspada Epilepsi)

Dan penelitian dari double blind oleh peneliti Iran menemukan bahwa kombinasi antara madu dan kopi menjadi lebih efektif daripada obat steroid dan palesbo untuk menghilangkan gejala pada orang dewasa yang menderita batuk secara terus-menerus selama 3 minggu.