8 Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kita

By , Rabu, 2 Maret 2016 | 13:00 WIB

Semakin tua, kemampuan dan fungsi tubuh kita melemah. Namun ketika kita sudah mulai mudah melupakan hal-hal kecil seperti kunci atau dompet kita, tidak mudah mengingat nama seseorang yang kita temui pada usia muda, kemungkinan kita perlu segera melatih otak kita dengan melakukan beberapa tips di bawah ini :

1. Dengankan Mozart

Pada tahun 2015, sebuah penelitian dari FInlandia menemukan bahwa dengan mendengarkan musik klasik menambah aktifitas gen yang meliputi kemampuan otak kita untuk mengingat sesuatu.

2. Menghirup minyak rosemary

Orang yang melakukan hal ini memiliki kemampuan lebih baik untuk mengingat beberapa pekerjaan rumit, menurut sbeuah penelitian yang dilakukan oleh British Psychological Society pada tahun 2013 dalam pertemuan tahunan.

3. Tertawa

Setelah seseorang menonton sebuah video lucu pada penelitian tahun 2014, tingkat kortisol mereka akan turun dan ketika melakukan uji ingatan, mereka memberikan hasil yang lebih baik. Tidak peduli berapa usia kita, "segala sesuatu yang menurunkan stress kita akan meningkatkan ingatan kita," kata Majid Fotuhi,MD , seorang ketua dari Memosyn Neurology Institute dan penulis dari Boost Your Brain.

baca juga : 8 Hal Gila yang Dilakukan Cinta Pada Otak Anda

4. Pelajari Bahasa Asing

Seorang yang berbahasa inggris dan mempelajari bahasa Mandarin selama enam minggu, memiliki jaringan otak yang lebih baik, menurut sebuah penelitian.

5. Tarik Napas Panjang

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi membantu menumbuhkan hippocampus. Cobalah latihan pernapasan milik Dr. Fotuhi 7-7-7: tarik napas selama 7 detik, tahan napas selama 7 detik dan keluarkan kembali dalam 7 detik pula.

6. Matikan Televisi