Misteri Temuan Kerangka Balita dan Pisau Belati di Makam Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 14 Desember 2021 | 15:00 WIB
Peti mati batu dengan empat kerangka anak-anak, termasuk belati hitam di dalamnya. Kira-kira berumur 4000 tahun. (Katrine Ipsen Kjæ / ROMU via Ancient Origins)

Nationalgeographic.co.id—Lima kerangka anak-anak telah ditemukan di salah satu gundukan permakaman kuno. Kerangka-kerangka ini ditemukan saat dilakukan penggalian untuk perluasan lubang kerikil Nymølle Stenindustrier di Hedehusene, sebuah kota antara Kopenhagen dan Roskilde di wilayah Ibu Kota Denmark.

Tim arkeolog bingung ketika mereka menemukan gundukan kuburan yang hanya berisi lima kerangka anak-anak. “Kami sangat senang dengan penemuan ini,” ujar Katrine Ipsen Kjær, arkeolog dari ROMU memimpin tim proyek dikutip Ancient Origins.

Kerangka anak-anak itu ditemukan di dua makam individu. Satu bertanggal 2400 - 1700 SM atau yang dikenal sebagai Zaman Batu Petani dan memegang empat kerangka berusia 3-4 tahun.

Sementara makam kedua hanya memiliki satu pemakaman Zaman Perunggu (1700 - 500 SM), dari seorang anak yang sedikit lebih tua. Salah satu dari empat anak itu dikubur dengan pisau batu. Sedangkan anak Zaman Perunggu itu ditemukan dengan gelang perunggu di samping kepalanya.

Profesor Kjær menyoroti situs pemakaman anak tersebut. Menurutnya, betapa langkanya gundukan kuburan semacam itu. Yang lebih jarang lagi adalah fakta bahwa gundukan itu berisi sisa-sisa kerangka anak-anak yang terpelihara dengan baik.