Ingin Tingkatkan Kreativitas? Coba Teknik Tidur Salvador Dali Ini

By Sysilia Tanhati, Rabu, 15 Desember 2021 | 17:00 WIB
Salvador Dalí merupakan salah satu pelukis penting dari Spanyol. Ia terkenal dengan karya-karyanya yang surealis. (Roger Higgins)

Nationalgeographic.co.id—Dari mana kreativitas berasal? Menurut Thomas Edison dan Salvador Dalí, daya cipta melonjak selama pikiran dalam keadaan yang tidak biasa saat tertidur.

Ketika seniman Salvador Dalí dan penemu Thomas Edison membutuhkan inspirasi, mereka mengadopsi teknik tidur yang aneh dan mirip. Keduanya mencoba tidur sambil memegang benda kecil di tangan. Benda tersebut kemudian akan jatuh ke lantai. Suaranya itu akan membangunkan mereka saat mulai tertidur. Ketika bangun, keduanya akan langsung bekerja.

Ternyata Dalí dan Edison membiarkan otak masuk ke fase pertama tidur, tapi hanya sampai di sana saja.

Sebuah studi yang diterbitkan di Science Advances menunjukkan bahwa tahap samar antara kesadaran dan tidur—disebut N1 atau hypnagogia—dapat memicu kreativitas. Hypnagogia sering ditandai dengan mimpi yang jelas. Meskipun biasanya orang akan masuk ke fase tidur yang lebih nyenyak dan melupakan mimpinya.

Penelitian ini dilakukan oleh Delphine Oudiette, seorang ahli saraf di Institut Otak Paris. Untuk menyelidiki sains di balik teknik tidur Dalí dan Edison, Oudiette memberikan satu set soal matematika kepada 103 peserta. Kunci untuk menyelesaikan soal ini adalah pola tersembunyi.

Enam belas peserta berhasil memecahkan kode dan menyelesaikan soal matematika dengan cepat. Sedangkan sisanya dimintau untuk beristirahat selama 20 menit. Saat istirahat, mereka terhubung dengan mesin yang memonitor gelombang otak.