6 Hal yang Anda Mungkin Tidak Tahu Tentang Menguap

By , Selasa, 22 Maret 2016 | 18:00 WIB

Ada Banyak Teori, Tapi Sedikit Bukti

Ada riset kecil untuk mendukung salah satu dari sejumlah teori mengapa kita menguap. Pertama, kita tidak hanya melakukannya saat lelah. Ini juga tidak mencerminkan kita kekurangan oksigen. Menurut Michael Decker juru bicara American Academy of Sleep Medicine, ide ini kemungkinan berkembang dari kenyataan bahwa pernapasan yang terlalu dangkal dapat menyebabkan masalah.

Adapula teori yang mengatakan bahwa menguap meningkat seiring dengan rasa bosan. Berdasarkan sebuah studi tahun 1986, mahasiswa menguap lebih sering ketika ditampilkan pola warna, daripada ketika ditunjukkan video rock berdurasi 30-menit.

Menguap benarkah  menular ?

Itu benar! Satu studi menemukan bahwa ketika ditampilkan video menguap, sekitar 50 persen orang juga mulai menguap. Hal ini terjadi juga di antara binatang dalam sebuah studi tahun 2004 yang mengamati simpanse, babun, dan kera.

Ternyata, itu  tidak benar-benar reaksi yang aneh. Robert Provine, seorang profesor psikologi dan neuroscience di Unversity of Maryland mengatakan  bahwa reaksi manusiawi lainnya juga dapat menular. Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda menyaksikan seseorang tertawa ?

Sejumlah penelitian telah dilakukan terkait gerakan menguap terhadap empati

"Menguap menjadi lebih dari sebuah fenomena sosial dari fenomena fisiologis,"kata Decker

Menguap lebih  cenderung menular antara sahabat                 

Tidak sembarang orang akan menguap ketika Anda menguap. Menurut penelitian tahun 2012, menguap paling menular di antara teman terdekat. Para peneliti menemukan bahwa semakin dekat Anda dengan seseorang secara genetik atau emosional, semakin besar kemungkinan Anda akan ikut menguap. Hal ini tentunya masuk akal jika merujuk pada teori empati, karena teman dekat dan keluarga memiliki perasaan yang lebih kuat dengan kita.

Menguap mungkin tanda suatu penyakit

Menguap biasanyaa bukan merupakan gejala pertama dari sesuatu yang serius, tetapi menguap berlebihan dalam beberapa kasus , menandakan bahwa sesuatu yang salah seperti kurang tidur yang parah telah Anda alami. Pada beberapa orang, menguap berlebihan bisa menjadi reaksi yang disebabkan oleh saraf vagus, menurut National Institutes of Health, ini dapat menunjukkan adanya masalah jantung. Pada kasus yang lainnya (namun jarang terjadi), dapat pula menandakan sejumlah masalah otak.

Bahkan janin dapat menguap