Tikal, Kota Metropolis Super Kuno Maya yang Ditinggalkan Bangsanya

By Galih Pranata, Jumat, 17 Desember 2021 | 09:00 WIB
Keindahan Tikal yang ditinggalkan oleh Maya, sejak tahun 900 M. (Michael Godek/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Peradaban Maya melebarkan wilayah kekuasaannya, membentang dari Meksiko hingga ke Guatemala. Salah satu bangunan misterius yang ada di Guatemala, dipercaya sebagai Kota Tikal, peninggalan peradaban Maya.

Tikal dikelilingi oleh piramida kapur yang curam, yang hampir setinggi katedral Notre Dame. "Seruan monyet pelolong dan kicauan burung toucan, meramaikan suasana Tikal, yang berlatar belakang situs hutan hujan," tulis Fox.

Alex Fox menulisnya kepada BBC tentang peradaban Maya yang menghilang dari Tikal, melalui artikelnya berjudul The Maya's ingenious secret to survival, yang dipublikasi pada 10 Agustus 2021.

Keagungan peradaban Maya, dibuktikan melalui jejak pembangunannya, yang hampir tak melibatkan sejumlah arat berat dan hewan untuk mengangkut bebatuan. "Mereka tak menggunakan roda atau perkakas logam untuk membangun kota," tambahnya.

Pembangunan piramida di Tikal merupakan simbol keagungan raja. Pengaruhnya membentang dari Yucatan, Meksiko, ke Tikal di Guatemala, ke Belize dan beberapa wilayah di Karibia, meliputi Honduras dan El Savador.

"Tikal merupakan pusat ekonomi dan simbol seremonial dari sebuah peradaban yang, berdasarkan survei baru-baru ini yang mengungkap lebih dari 60.000 struktur bangunan yang tersembunyi selama berabad-abad dalam hutan lebat," imbuhnya.