Arkeolog Singkap Pelabuhan Dagang Asal 4.000 Tahun di Istanbul

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 17 Desember 2021 | 15:00 WIB
Pelabuhan fagang berusia 4000 tahun ditemukan di Istanbul. (Arkeonews)

Nationalgeographic.co.id—Pelabuhan perdangan berusia 4.000 tahun telah ditemukan di Istanbul. Penemuan ini ditemukan bersamaan dengan penggalian arkeologi yang dilakukan di semenanjung tengah Danau Küçükçekmece, Istanbul. Ini menunjukan lapisan budaya yang sangat penting.

Penggalian Bathonea, yang dipimpin oleh Şengül Aydıngün, menghasilkan data yang akan menjelaskan sejarah Istanbul. Sebagai informasi, Istanbul ditemukan oleh orang Yunani Kuno sekitar tahun 680 SM. Assoc. Şengül Aydıngün mengatakan bahwa area penggalian Bathonea mulai digunakan sejak dahulu dan memang merupakan kota pelabuhan yang berasal dari abad kedua sebelum masehi.

Aydıngün mengatakan telah mengamati pasir laut dan formasi tanah di atasnya. Setelah laut surut, terbentuklah lahan pertanian. Setelah pembentukan dua lapisan B, orang-orang datang dan mulai membangun struktur pertama.

Salah satu struktur ini adalah gereja Kristen, yang dihancurkan dan dibangun beberapa kali. Namun pada akhirnya, daerah di pelabuhan itu benar-benar ditinggalkan oleh warga akibat adanya gempa bumi di abad ke-11. “Di sini kami telah mengidentifikasi gempa bumi pada abad ke-6 dan ke-11,” kata Aydıngün seperti dikutip Arkeonews.