Fisikawan Deteksi Cadangan Air Rahasia di Ngarai Terbesar Tata Surya

By Utomo Priyambodo, Jumat, 17 Desember 2021 | 12:00 WIB
Model digital Valles Marineris, ngarai terbesar di Tata Surya. (ESA/DLR/FU Berlin (G. Neukum))

Nationalgeographic.co.id—Sebuah cadangan air rahasia dari ngarai terbesar di Tata Surya sejauh yang diketahui hingga saat ini, telah ditemukan. Sebuah sistem ngarai yang luas yang secara dramatis meninggalkan bekas luka di wajah Mars diyakini menyimpan cadangan air yang tersembunyi itu.

Jumlah hidrogen yang luar biasa tinggi telah terdeteksi di jantung ngarai sepanjang 4.000 kilometer itu. Ngarai itu dikenal sebagai Valles Marineris dan dijuluki juga sebagai Grand Canyon of Mars. Para astronom mengetahui hal ini berkat data baru dari instrumen Fine Resolution Epithermal Neutron Detector (FREND) milik ESA-Roscosmos ExoMars Trace Gas Orbiter.

Temuan ini menunjukkan bahwa, pada kedalaman hingga satu meter di bawah permukaan, tanah di wilayah tersebut kaya akan air, baik yang terikat dalam mineral atau sebagai es air bawah permukaannya. Temuan ini berpotensi menawarkan cara baru untuk air di planet yang tampaknya sangat gersang itu.

"Dengan Trace Gas Orbiter, kami dapat melihat ke bawah hingga satu meter di bawah lapisan berdebu ini dan melihat apa yang sebenarnya terjadi di bawah permukaan Mars – dan, yang terpenting, menemukan 'oasis' kaya air yang tidak dapat dideteksi dengan instrumen-instrumen sebelumnya," kata fisikawan Igor Mitrofanov dari Space Research Institute dari Russian Academy of Sciences di Russia yang menjadi penulis utama studi baru atas temuan ini.

"FREND mengungkapkan area dengan jumlah hidrogen yang luar biasa besar di sistem ngarai Valles Marineris yang kolosal: Dengan asumsi hidrogen yang kita lihat terikat menjadi molekul air, sebanyak 40 persen material dekat permukaan di wilayah ini tampaknya adalah air," papar Mitrofanov seperti dilansir Science Alert.