Mengungkap Misteri Peluit Kematian Suku Aztec, Bunyinya Mengerikan

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 19 Desember 2021 | 11:00 WIB
Peluit kematian Aztec. (Roberto Velázquez)

Nationalgeographic.co.id - Ketika barang-barang kuburan berbentuk tengkorak yang aneh ditemukan oleh para arkeolog beberapa dekade yang lalu di sebuah kuil Aztec di Meksiko, mereka dianggap sebagai mainan atau ornamen baru, dan dikatalogkan dan disimpan di gudang.

Namun, bertahun-tahun kemudian, para ahli menemukan bahwa itu adalah peluit kematian menyeramkan yang membuat suara menusuk menyerupai jeritan manusia. Peluit ini digunakan suku Aztec kuno selama upacara, pengorbanan, atau selama pertempuran untuk menakuti musuh mereka.

Peluit Kematian Aztec Bukanlah Instrumen Umum

Kerangka seorang pria yang dimakamkan di kuil dewa angin, Tlatelolco, dengan peluit kematian Aztec. (Roberto Velázquez)

Dua peluit berongga berbentuk tengkorak ditemukan 20 tahun lalu di kuil dewa angin Ehecatl, di tangan kerangka laki-laki yang dikorbankan. Ketika peluit akhirnya ditiup, suara yang tercipta digambarkan sebagai sesuatu yang menakutkan. Peluit membuat suara "manusia melolong kesakitan, embusan angin siulan yang menakutkan, atau jeritan seribu mayat,” tulis MailOnline.

Roberto Velázquez Cabrera, seorang insinyur mesin dan pendiri Instituto Virtual de Investigación Tlapitzcalzin yang berbasis di Meksiko, telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menciptakan kembali instrumen pra-Columbus untuk memeriksa suara yang mereka buat.

Baca Juga: Arkeolog Terpaksa Menguburkan Lagi Temuan dari Ibukota Aztec Lama

Dia menulis di MexicoLore bahwa peluit kematian khususnya bukanlah instrumen umum. Peluit disediakan untuk pengorbanan, ditiup sebelum seorang korban dibunuh untuk membimbing jiwa ke alam baka atau untuk digunakan dalam pertempuran.

Mengapa Suku Aztec Menggunakan Peluit Kematian?

Ilustrasi Prajurit Aztec seperti yang ditemukan dalam Codex Mendoza. (Public Domain/ Ancient Origins)

Beberapa sejarawan percaya bahwa suku Aztec biasa membunyikan peluit kematian untuk membantu perjalanan almarhum ke dunia bawah. Suku dikatakan telah menggunakan suara menakutkan sebagai perang psikologis, untuk menakut-nakuti musuh di awal pertempuran.

Jika peluit dikalungkan di leher prajurit Aztec dan kemudian digunakan untuk mengejutkan musuh mereka di awal pertempuran, efek psikologis pada musuh yang terdiri dari seratus peluit kematian yang berteriak serempak mungkin akan hebat, mengendurkan dan merusak tekad mereka.