Menelusuri Peta DNA Ganja

By , Jumat, 20 April 2018 | 12:00 WIB

“Ganja tanaman yang sangat menarik dan bernilai,” komentar Nolan Kane, yang mengkhususkan diri di bidang biologi evolusi.

“Tanaman ini sudah ada selama jutaan tahun, dan merupakan salah satu tanaman tertua manusia. Namun ada begitu banyak persoalan mendasar yang harus dijawab. Dari mana asalnya? Bagaimana dan mengapa tanaman ganja berevolusi? Bagaimana semua deretan senyawa ini bisa muncul? Kita bahkan tidak tahu berapa banyak spesies ganja yang ada”, tambah Kane.

Baca juga: Ilmuwan: Gigi Berlubang Bisa Diobati Tanpa Ditambal

Kami tengah berdiri di dalam rumah kaca laboratorium kampus University of Colorado Boulder, memandangi sepuluh tanaman ganja yang belum lama ini diterima Kane untuk tujuan penelitian. Tanaman itu tinggi dan bertangkai kecil bak remaja kurus nan canggung, sama sekali tidak serimbun tanaman memikat yang Hague pamerkan kepada saya. Tanaman ini, seperti hampir semua jenis ganja lainnya, mengandung kadar THC rendah.

Kehadirannya di sini, dalam sekat-sekat laboratorium universitas besar, menyiratkan tahun-tahun penuh polemik untuk memenangkan persetujuan federal dan universitas. Saat ini, Kane diizinkan menumbuhkan galur ganja saja. Bahan penelitiannya yang lain ialah DNA ganja yang disuplai petani Colorado; ia mengajari mereka metode mengekstrak DNA.

Sambil menyentuh salah satu tanaman ganja di sana, Kane mengatakan bahwa ia bingung dengan larangan budidaya ganja komersial yang berlaku di AS. “Tanaman ganja menghasilkan serat dengan mutu yang tak tertandingi,” tegasnya.

“Ganja adalah tanaman biomassa yang produktivitasnya sangat tinggi, mampu mengisi ulang tanah, dan tidak rakus pupuk. Setiap tahun kami mengimpor berton-ton ganja dari Tiongkok dan juga Kanada, namun karena masalah kebijakan federal, kami tak bisa menanamnya secara legal.

Sebagai ahli genetika, Kane mempelajari ganja dari perspektif yang unik—ia menyelidiki DNA-nya. Ia seorang pria pencinta alam yang memetakan genom ganja. Meski urutannya jauh lebih pendek, yaitu sekitar 800 juta nukleotida, baginya tanaman ganja jauh lebih menarik.

Sudah ada satu bagan genom ganja yang masih berantakan, sangat terfragmentasi, dan terpencar menjadi kira-kira 60.000 keping. Tujuan ambisius Kane, yang akan memakan waktu bertahun-tahun lamanya untuk dicapai, ialah merakit fragmen-fragmen ini dalam urutan yang benar.

“Analogi saya seperti ini: ada 60.000 halaman untuk bisa menjadi buku yang bagus, namun masih berserakan di lantai,” paparnya. “Kami belum tahu bagaimana halaman itu bisa disatukan untuk menyusun kisah yang indah.”

Banyak orang yang menantikan hasil akhir dari genom ganja tersebut. “Yah, tekanannya berbeda,” katanya, “karena pekerjaan ini akan berimplikasi besar, dan semua hal yang kami kerjakan di laboratorium ini diawasi oleh banyak pihak. Anda bisa merasakannya, bukan? Semuanya berharap upaya ini akan membuahkan hasil. “

Baca juga: Makna Warna dari Beberapa Negara di Dunia

Begitu pemetaannya beres, ahli genetika yang giat ini dapat memanfaatkannya dengan segudang cara, seperti membiakkan  galur yang mengandung lebih banyak kadar senyawa langka yang memiliki manfaat medis. “