Kilau Gunung Meja dari Nanga Nesa

By , Kamis, 28 April 2016 | 09:00 WIB

Kawanan kepiting dan kerang berukuran kecil berlari mengamankan diri ketika Kompas menjejakkan kaki di atas tumpukan bebatuan di Pantai Nanga Nesa, Senin (5/4/2016) sekitar pukul 09.00 Wita. Binatang-binatang pantai itu sedang berjemur di bibir pantai menyambut matahari pagi.

Nanga Nesa berasal dari bahasa daerah setempat, yakni nanga yang berarti muara dan nesa yang berarti tangga alam. Jadi, Nanga Nesa berarti muara yang memiliki tangga alam.

Pantai itu berbatasan dengan tebing atau berjarak sekitar 70 meter dari bibir pantai. Tangga alam, berupa susunan batu-batu alam menyerupai tangga menuju bukit, terletak persis di ruas jalan Ende-Wolotopo di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Di situ para pengunjung, termasuk turis asing, sering naik ke dinding tebing, berupa tangga yang tersusun dari batu-batuan, untuk memotret pemandangan pantai, dengan latar belakang Gunung Meja dan keindahan kota Ende, ibu kota Kabupaten Ende, yang terletak di depan Pantai Nanga Nesa.

Dari hamparan pasir hitam mengilap yang terletak sekitar 7 kilometer arah timur kota Ende, ibu kota Kabupaten Ende di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, itu tampak berdiri megah Gunung Meja. Gunung itu disebut meja karena bentuk puncak gunung itu berupa tanah datar, mirip meja.

Bentuk puncak gunung dengan ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu awalnya tidak datar.

Karena gunung itu dinilai mengganggu proses pendaratan dan keberangkatan pesawat dari Bandar Udara Haji Hasan Aroeboesman di Ende—berjarak sekitar 5 kilometer dari Pulau Koa, pemerintah daerah setempat memotong gunung itu sekitar 200 mdpl tahun 1970-an dan dibuang ke dasar laut.

Pulau Koa tidak ada penghuninya. Hanya nelayan memanfaatkan pulau ini untuk menambatkan perahu atau berteduh. Menurut legenda masyarakat setempat, Pulau Koa adalah bagian dari penggalan puncak Gunung Meja, ratusan tahun silam.

Sementara Pulau Ende yang berbentuk sebuah parang terletak sekitar 300 mil dari Ende dipercaya sebagai parang, yang digunakan untuk memenggal Gunung Meja.

Legenda kuno yang beredar luas di kalangan masyarakat Ende menyebutkan, ada tiga orang yang bernama Meja, Iya, dan Wongge. Meja adalah seorang gadis cantik dan berperilaku sopan.

Iya adalah seorang laki-laki kaya yang berperilaku jahat. Sementara Wongge adalah seorang laki-laki miskin, tetapi sopan. Kedua laki-laki ini bersama sejumlah pemuda di wilayah itu memperebutkan Meja.

Namun, Meja lebih mencintai Wongge. Suatu saat Iya datang kepada Meja, menyatakan cintanya, tetapi ditolak. Meja pun dibunuh Iya dengan cara dipenggal kepalanya. Kepala meja kemudian dibuang ke arah timur dan membentuk Pulau Koa.

Saat itu pula datang Wongge ke tempat tersebut. Menyaksikan meja telah dipenggal kepalanya oleh Iya, terjadi pertengkaran antara Iya dan Wongge. Wongge pun berhasil membunuh Iya dengan parang panjang.