Jika Manusia Punah, Hewan Apa yang Mungkin Berevolusi? Ini Kata Ahli

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 20 Desember 2021 | 20:00 WIB
Simpanse adalah salah satu pengguna alat yang paling mahir di alam (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Manusia cukup unik di antara kehidupan di Bumi. Sejauh ini, manusia adalah satu-satunya spesies hidup yang mengembangkan kecerdasan yang lebih tinggi. Seperti  memakai pakaian, memasak makanan sendiri hingga menciptakan smartphone.

Tapi bagaimana jika manusia tiba-tiba punah? Hewan apa lagi yang mungkin berevolusi untuk memiliki kecerdasan dan keterampilan untuk menciptakan masyarakat yang besar dan kompleks seperti yang dimiliki manusia?

“Teknologi pengurutan gen modern dan pemahaman kita tentang evolusi, kita (manusia) cukup pandai membuat prediksi jangka pendek," kata Martha Reiskind, ahli ekologi molekuler di North Carolina State University, mengatakan kepada Live Science.

Jika manusia tiba-tiba punah besok, perubahan iklim akan terus mendorong banyak spesies menuju ketahanan kekeringan untuk bertahan hidup. Spesies yang tinggal di suhu dingin juga akan terus berjuang. Sayangnya, beruang kutub dan penguin tidak mungkin berkembang biak dalam ribuan tahun setelah manusia tiada.

"Hal besar akan menjadi konsep konvergensi," ujar Dougal Dixon, ahli geologi, penulis sains dan penulis buku spekulatif "After Man: A Zoology of the Future" St. Martin's Press, 1998.

Konvergensi adalah proses evolusi di mana dua organisme yang tidak terkait akhirnya mengembangkan sifat yang sama untuk berhasil dalam lingkungan tertentu atau mengisi ceruk tertentu.