Mengenal Groom of The Stool, Profesi Menyeka Kotoran Raja Inggris

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 27 Desember 2021 | 15:00 WIB
Raja Henry VIII dan kotak untuk buang kotoran. (All That Interesting)

Nationalgeographic.co.id—Pekerjaan masa lalu di Inggris cukup beragam. Salah satunya adalah profesi Groom of the Stool. Jika dipikir-pikir ini adalah profesi yang menjijikan namun ternyata dahulu amatlah bergengsi.

Ya, Groom of the Stool adalah profesi yang tugasnya memonitor dan membantu raja dalam urusan buang kotoran alias tukang cebok. Pekerjaan teraneh itu muncul pada era Henry VIII sekitar tahun 1500-an.

Sistem kerjanya juga unik. Dikutip Ancient Origins, kata Stool sendiri mengacu pada toilet portabel yang bisa dibawa sepanjang waktu. Bentuknya seperti bangku terdiri dari kotak atau lemari setinggi duduk dengan lubang di bagian atasnya. Di dalam lubang ini ada baskom, biasanya timah atau gerabah, yang menampung air seni dan kotoran. Bangku itu portabel dan ditutupi oleh penutup lipat saat tidak digunakan.

Mungkin pekerjaan ini terdengar aneh. Namun terlepas dari sifat pekerjaan yang tidak menyenangkan ini, Groom of the Stool adalah pekerjaan yang sangat didambakan kala itu. Pasalnya, mereka bisa memiliki akses yang sangat dekat dengan raja. Tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan ini karena orang tersebut harus memiliki koneksi atau relasi yang kuat.

Pada masa pemerintahan Henry VIII, putra dan penerus Henry VII, peran Groom of the Stool sangat diperluas. Selain mengurus kebutuhan toilet Henry, Groom of the Stool sekarang juga bertugas memantau buang air besar raja.