Miliarder Jepang Jadi Turis di Stasiun Luar Angkasa Internasional

By Utomo Priyambodo, Selasa, 21 Desember 2021 | 12:00 WIB
Yusaku Maezawa (kiri bawah) saat berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional. (NASA)

Nationalgeographic.co.id—Seorang miliarder Jepang bernama Yusaku Maezawa baru saja berpelesir ke luar angkasa pada akhir tahun 2021 ini. Sebelumnya tidak pernah ada lagi turis yang mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) dengan biaya sendiri sejak 2009.

Bersama produsernya yang bernama Yozo Hirano dan seorang kosmonaut Rusia bnernama Alexander Misurkin, Maezawa berhasil dengan selamat kembali ke Bumi pada hari Senin, 20 Desember 2021. Sebelum mendarat mulus di Bumi, ia telah menghabiskan 12 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pengusaha yang bergerak di bidang fesyen dan mode ini melakukan pendaratan halus dalam sebuah kapsul Soyuz milik Rusia. Pendaratan dilakukan di stepa Kazakhstan sekitar 148 kilometer di tenggara kota Zhezkazgan pada pukul 09.13 waktu setempat.

Awan rendah mencegah penyebaran helikopter pencarian dan penyelamatan ke daerah tersebut. Jadi tim penyelamat akhirnya mencapai lokasi pendaratan itu dengan kendaraan segala medan untuk membantu para kru tersebut dan melakukan pemeriksaan medis. Mereka melaporkan bahwa ketiganya merasa baik-baik saja.

Maezawa yang kini berusia 46 tahun dan produsernya yang berusia 36 tahun adalah dua turis pertama dengan biaya sendiri yang mengunjungi stasiun luar angkasa sejak 2009. Adapun bagi Misurkin, sebagaimana dilansir KOB 4, itu adalah misi luar angkasa ketiganya.