7 Hal Ganjil yang Bisa Anda Alami Saat Tidur

By , Rabu, 1 Juni 2016 | 16:00 WIB

Hampir setiap malam, jika Anda beruntung, tidur merupakan kegiatan yang biasa-biasa saja. Tetapi Anda mungkin pernah mengalami hal-hal aneh yang membuat bingung dan menimbulkan sedikit kepanikan. Berikut ini 7 hal ganjil yang dapat terjadi ketika Anda tertidur.

1. Merasa jatuh dari ketinggian

Sering terjadi ketika tidur, Anda merasa jatuh dari ketinggian, seperti dari tebing, langit, atau tersandung. Perasaan seperti ini disebut hipnagogik. Biasanya terjadi ketika Anda bermimpi, tubuh Anda lumpuh, tetapi kadang-kadang Anda bisa mulai memasuki tahap mimpi sebelum tubuh benar-benar dalam mode “off”.

“Hipnagogik lebih mungkin terjadi ketika Anda terlalu lelah, kurang tidur atau stress,” ujar Christoper Winter, dokter di Martha Jefferson Hospital di Virginia.

“Otak Anda masuk ke dalam siklus tidur dengan lebih agresif, tetapi tubuh tak mampu mengejar.”

2.  Kelumpuhan tidur

Pernahkah Anda terbangun dari tidur dan tidak dapat menggerakkan otot atau berbicara? Hal ini bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit, dan itu benar-benar mengerikan. Sebagian besar orang menghubung-hubungkan dengan pengalaman mistis, yang disebut “tindihan”.

Pada dasarnya, kelumpuhan tidur (sleep paralysis) merupakan kebalikan dari hipnogagik. Dalam hal ini, otak Anda bangun sebelum kelumpuhan yang menyertai tidur nyenyak hilang.

Winter mengatakan, “Anda mungkin merasa tak bisa bernafas. Banyak orang mendeskripsikannya seperti ada seekor gajah yang duduk di atas dada mereka. Itu karena semua otot yang mengontrol pernafasan Anda masih lumpuh.

3.  Somnabulisme

Kebanyakan perilaku yang berhubungan dengan tidur tidak berbahaya. Tetapi somnabulisme, atau tidur sambil berjalan dapat menjadi masalah yang berbahaya karena Anda dapat berjalan, menuju suatu tempat, meninggalkan rumah, bahkan bisa berada di balik kemudi.

“Ketika mengalami somnabulisme, Anda terbangun dari tidur dan dapat menggerakkan tubuh, tetapi tidak mampu membangunkan otak Anda. Itulah mengapa Anda seringkali tidak ingat “tamasya” tengah malam Anda,” ujar Winter.

Beberapa resep obat tidur juga telah dihubungkan dengan perilaku somnabulisme  yang lebih aneh, termasuk memasak, pesta, dan mengemudi. Itu dikarenakan obat tidur tetap membius otak Anda, sehingga ketika Anda terbangun pun, anda berada dalam kondisi tidak sadar.