Perubahan Tubuh Pria Kembar: Yang Satu Vegan, Lainnya Pemakan Daging

By Utomo Priyambodo, Kamis, 23 Desember 2021 | 10:00 WIB
Kembar identik Ross dan Hugo Turner. (The Turner Twins)

Nationalgeographic.co.id—Sepasang pria kembar identik bernama Hugo dan Ross Turner telah mengajukan diri untuk menjadi sepasang manusia "kelinci percobaan". Mereka merelakan tubuh mereka untuk menyelidiki apakah pola makan vegan lebih sehat daripada pola makan daging dan susu.

Turner bersaudara ini dikenal suka berpetualang di seluruh dunia. Namun baru-baru ini pria kembar itu menggunakan kredensial mereka sebagai kembar identik secara genetik untuk kepentingan sains.

Sebagai bagian dari studi baru-baru ini di Departemen Penelitian Kembar & Epidemiologi Genetik di King's College London, si kembar mengikuti dua diet yang sangat berbeda selama 12 minggu. Hugo makan makanan vegan yang ketat, sementara Ross terus makan produk-produk olahan daging dan susu.

"Kami ingin menggunakan model kembar identik, yang merupakan klon genetik, untuk menguji efek diet dan olahraga dan bagaimana individu-individu ini merespons berbagai jenis makanan," jelas Profesor Tim Spector, ahli epidemiologi di King's yang memimpin penelitian ini, seperti diberitakan oleh BBC Reel.

Perbedaan yang dihasilkan dari eksperimen ini halus, tetapi signifikan. Dibandingkan dengan Ross pemakan daging, Hugo yang vegan mengalami penurunan besar dalam kolesterol dan peningkatan tajam dalam resistensi terhadap diabetes tipe 2.

Hugo mengatakan bahwa dia berjuang dengan pola makan vegan selama beberapa minggu pertama. Ia merasakan keinginan besar untuk makan daging dan keju, tetapi dia akhirnya terbiasa dan mengaku merasa lebih energik.