Coba Konsumsi 6 Hal Ini Untuk Jaga Kesehatan Otak Anda!

By , Minggu, 31 Juli 2016 | 12:00 WIB

Makanan yang mengandung antioksidan dan lemak omega-3 mampu meningkatkan kesehatan otak dan memori.

Dari buah hingga ikan, enam hal ini akan membantu untuk menjaga kesehatan otak dan ingatan Anda.

1. Kacang Kenari

Dalam studi tahun 2009 pada Journal of Nutrition, menemukan bahwa kacang memiliki kemampuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada otak tikus tua, termasuk kemampuan fungsi otak serta memproses informasi.

Tahun 2010, dalam Konferensi Penyakit Alzheimer melaporkan bahwa tikus dengan Alzheimer lebih mampu mengembangkan memori dan kordinasi motorik setelah makan kacang kenari.

Kacang kenari mengandung antioksidan yang tinggi, yang mampu melawan kerusakan pada DNA sek otak akibat radikal bebas dalam tubuh kita.

2. Wortel

Seperti yang kita ketahui, wortel memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata. Namun ternyata wortel juga baik untuk otak.

Wortel memmiliki kandungan Luteolin tingkat tinggi yang mampu mengurangi defisit memori yang berhubungan dengan usia dan peradangan otak, berdasarkan Journal Nutrition tahun 2010.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang menjalani diet diberikan suplemen Luteolin sebanyak 20 miligram mengalami perngurangan radang pada otak mereka. Memori tikus pun kembali seperti memori tikus muda.

3. Buah Berry

Kekayaan vitamin yang dikandung oleh buah berry tak hanya bagus untuk kegiatan diet, namun juga untuk menjaga memori anda, berdasarkan sejumlah penelitian.

Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasinya tahun 2010 pada Journal of agricultural and Food Chemistry yang menemukan bukti pada sembilan orang tua yang diberikan suplemen berupa jus blueberry liar selama 12 minggu menunjukkan bahwa mereka dapat belajar lebih baik dan mampu mengurangi permasalahan memori mereka.