Cymbospondylus youngorum, Reptil Laut Raksasa Dengan Berat 40 Ton

By Maria Gabrielle, Minggu, 26 Desember 2021 | 09:00 WIB
Tengkorak Cymbospondylus youngorum sendiri panjangnya bisa mencapai 2 meter. (Natalja Kent/Natural History Museum of Los Angeles County)

Nationalgeographic.co.id - Temuan besar telah didapatkan dari Pegunungan Augusta, Nevada, Amerika Serikat. Fosil reptil raksasa dengan panjang tubuh mencapai 17 meter dan berat 40 ton itu diberi nama Cymbospondylus youngorum. Paleontologis dari University of Bonn melaporkan makhluk ini mungkin menjadi raksasa pertama di bumi.

Dilansir dari Daily Mail, hewan purba ini berkeliaran di lautan yang sekarang menjadi wilayah Nevada sekitar 246 juta tahun lalu. Fosil tersebut diekstraksi dari lapisan batuan Trias Tengah yang dikenal sebagai Anggota Bukit Fosil (Fossil Hill Member) C. Youngorum merupakan contoh dari ichthyosaurus, kelompok reptil laut sangat sukses yang pertama kali berenang di lautan planet ini antara 250-90 juta tahun silam.

Studi ini dilakukan oleh paleontolog vertebrata bernama Martin Sander dari University of Bonn dan rekan-rekannya. Berdasarkan usia spesies yang baru diidentifikasi ini, tampaknya ichthyosaurus menjadi sangat besar dalam kurun waktu 3 juta tahun. Jauh lebih cepat daripada paus.

“Dari penemuan kerangka pertama di Inggris bagian selatan dan Jerman lebih dari 250 tahun lalu, ‘ikan-sauria’ ini termasuk di antara fosil reptil besar pertama yang diketahui, jauh sebelum dinosaurus,” ujar Martin Sander kepada Daily Mail.

Sisa-sisa fosil Cymbospondylus youngorum pertama kali ditemukan di Pegunungan Augusta pada tahun 1998, khususnya dalam bentuk fragmen tulang belakang makhluk itu. Profesor Sander menuturkan pentingnya penemuan itu tidak segera terlihat, karena hanya beberapa tulang belakang yang terlihat di sisi ngarai.

Baca Juga: Pyrosome Seperti Cacing Misterius Raksasa, Padahal Bukan Hewan Tunggal 

"Namun, anatomi tulang belakang menunjukkan bahwa ujung depan hewan itu mungkin masih tersembunyi di bebatuan," tambahnya.

Barulah pada bulan September 2011, para peneliti membuktikan gagasan tersebut benar adanya. Dari penggalian didapat tengkorak, kaki depan, dan tulang dada dari ichthyosaurus besar yang terawetkan dengan baik. Sang ahli mengatakan, reptil laut itu merupakan hewan terbesar yang pernah ditemukan dari periode ini.

"Sejauh yang kami tahu, itu bahkan makhluk raksasa pertama yang pernah menghuni Bumi," ujar Profesor Sander.

Ilustrasi Cymbospondylus youngorum. (Stephanie Abramowicz/Natural History Museum of Los Angeles County)

Hal yang paling menarik dari Cymbospondylus youngorum adalah ukurannya. Kenyataan bahwa makhluk itu muncul 3 juta tahun setelah ichthyosaurus pertama berevolusi dari pendahulunya di darat, mengembangkan sirip dan bentuk hidrodinamika. “Itu waktu yang sangat singkat untuk tumbuh sebesar itu,” kata Sander.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Science dengan judul Early giant reveals faster evolution of large body size in ichthyosaurus than in cetaceans pada 24 Desember 2021. Guna mengetahui bagaimana C. youngorum menjadi begitu besar, para peneliti mengunakan pemodelan ekosistem untuk mengeksplorasi aliran energi di jaring makanan lokal pada waktu itu.