Perilaku Aneh Tapi Menakjubkan Saat Hewan Tidur

By , Minggu, 7 Agustus 2016 | 10:00 WIB

Tidur menjadi kebutuhan dasar setiap makhluk di dunia. Durasi tidur tiap-tiap makhluk berbeda-beda sesuai kebutuhannya. Bukan hanya manusia, hewan juga tidur dengan berbagai macam cara. Dari yang tidur secara vertikal dan hanya separuh otaknya yang ikut tertidur, hingga yang melahirkan saat tidur, inilah perilaku-perilaku tidur hewan yang aneh tapi menakjubkan.

Paus sperma

Pada tahun 2008, kelompok peneliti tengah meneliti panggilan dan perilaku paus sperma di lepas pantai Cili, ketika mereka memperoleh penemuan menakjubkan. Mereka mendapati sekelompok paus sperma tidur dengan begitu nyenyaknya di dalam air, sampai-sampai tak melihat atau mendengar kapal yang datang. Padahal, paus sperma tergolong hewan unihemispheric (setengah otaknya tetap terjaga meski setengah lainnya tertidur).

Paus sperma tidur dengan posisi vertikal di dalam air, beberapa memunculkan ‘hidung’ mereka di permukaan, sebagian lainnya benar-benar tenggelam. Ketika kapal kecil tak sengaja menabrak salah satu dari mereka, barulah mereka semua berenang menjauh.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature tersebut, peneliti yakin bahwa paus sperma bisa tidur sepenuhnya sambil melayang selama 10 hingga 15 menit, dan selama itu pula, mereka tidak bernafas.

Saksikan saat-saat paus sperma tidur dalam video berikut ini:

Kelelawar

Kelelawar (Thinkstock)

Mungkin Anda sudah tahu bahwa kelelawar tidur dengan tergantung terbalik. Mereka melakukan hal tersebut karena sayap mereka tak cukup kuat untuk mengangkat mereka dari tanah, sehingga mereka memanfaatkan gravitasi untuk terbang dari sarang mereka.

Meski tidur tergantung terbalik sudah cukup aneh, tapi itu hanya sebagian dari kisah tidur mereka. Tahukah Anda bahwa kelelawar termasuk hewan yang paling doyan tidur di planet Bumi? Misalnya saja kelelawar cokelat kecil, mereka sanggup tidur rata-rata 19.9 jam setiap hari. Benar-benar tukang tidur ya!

Anjing laut

Anjing laut (Thinkstock)

Para pengidap insomnia mungkin akan iri jika mengetahui kebiasaan tidur anjing laut. Hewan ini bisa tidur kapan pun, di mana pun dan dalam kondisi apapun. Entah mereka sedang melayang di air, berbaring di tanah, atau bahkan ketika bersandar pada temannya. Peneliti bahkan pernah menyaksikan anjing laut tertidur di air dan memanfaatkan taring mereka untuk bergantung pada bongkahan es yang mengapung di permukaan.

Anjing laut dapat menahan nafas dan tidur di bawah air selama empat hingga lima menit, karena mereka termasuk hewan unihemispheric. Tetapi jika di darat, mereka sanggup tidur hingga 19 jam.