Lebih Murah dari Tiket Kereta, Orang Tua Mengirim Anaknya Lewat Pos

By Sysilia Tanhati, Selasa, 28 Desember 2021 | 17:00 WIB
Saat itu, tarif pengiriman barang lebih murah jika dibandingkan dengan tiket kereta. Sehingga beberapa orang tua mencoba cara unik ini. (National Postal Museum)

Nationalgeographic.co.id—Di awal abad ke-20, kantor pos di Amerika Serikat membuat sebuah inovasi yaitu layanan pengiriman paket besar melalui pos. Meski perusahaan pengiriman swasta berkembang selama abad ke-19, kantor pos memiliki keunggulan. Jangkauan yang luas hingga ke pedesaan di Amerika Serikat memberikan nilai lebih bagi kantor pos.

Layanan ini dimulai secara resmi pada 1 Januari 1913. Ini memungkinkan sebagian orang Amerika memiliki akses besar untuk pengiriman semua barang dan jasa.

Tidak perlu menunggu lama, kantor pos menerima beberapa kiriman unik. Beberapa orang tua mencoba mengirim anak-anak mereka melalui pos.

“Peristiwa ini menjadi berita utama saat terjadi, mungkin karena itu sangat lucu,” kata sejarawan Layanan Pos Amerika Serikat Jenny Lynch.

Hanya beberapa minggu setelah Parcel Post dimulai, pasangan Ohio bernama Jesse dan Mathilda Beagle “mengirimkan” putra mereka. Bayi yang berusia 8 bulan, James, dikirimkan kepada neneknya yang tinggal hanya beberapa kilometer jauhnya di Batavia.

Menurut Lynch, Baby James memenuhi syarat ketentuan batas berat untuk paket yang dikirimkan yaitu 5 kg. Dan biaya “pengiriman” hanya sebesar 15 sen, dengan nilai asuransi $50.