Ingin Jadi Pembelajar yang Cepat? Ini 10 Kiatnya

By , Selasa, 30 Agustus 2016 | 14:00 WIB

Banyak orang yang terus menerus belajar dan berpikir, tetapi kemampuannya tak mengalami perkembangan. Jika sudah berusaha begitu keras namun tak juga membuahkan hasil, mungkin ada yang salah dengan metode belajarnya. 

Untungnya, ilmu kognitif telah berhasil mengungkap bagaimana metode belajar yang efektif bagi kita. Berikut ini 10 tips yang berguna agar proses belajar menjadi lebih efektif:

Pelajari bagian satu persatu

Misalnya saja, jika Anda ingin belajar main gitar, jangan berpikir untuk membawakan sebuah lagu sekaligus. Tentukan pencapaian yang lebih kecil dulu, seperti menguasi beberapa chord dasar, bagaimana memetik senar dengan benar, dan mengkombinasikan beberapa chord.

Seiring waktu, akumulasi keterampilan-keterampilan kecil ini akan meningkatkan kemampuan Anda bermain gitar secara keseluruhan.

Multitasking tak akan berguna, terutama dalam hal mengingat informasi baru

Jangan buang waktu Anda untuk multitasking, sebab otak kita tak bisa benar-benar memberikan perhatian yang sama pada dua tugas secara bersamaan.

Multitasking akan membuat Anda hanya memahami sebagian konsep atau keterampilan berbeda, tanpa benar-benar menguasai sepenuhnya konsep atau keterampilan tersebut.

Tulis apa yang sudah dipelajari

Jika Anda ingin menerjemahkan informasi menjadi pengetahuan, Anda harus menuliskan dengan tangan apa yang telah dipelajari. Menulis dengan tangan membuat Anda lebih mengingat fakta-fakta, memilah ide-ide yang kompleks, dan mengolah informasi dibandingkan mengetik di gawai.

Para peneliti mengatakan, tindakan fisik menggoreskan pena di atas kertas menciptakan hubungan kognitif yang lebih kuat terhadap pelajaran dari sekedar mengetik.

Kesalahan harus dirayakan—dan dipelajari

Poin keseluruhan dari proses belajar adalah mencoba, gagal, dan menemukan pelajaran di balik kesalahan Anda.