Seberapa Banyak Olahraga yang Paling Baik untuk Cegah Hipertensi?

By Utomo Priyambodo, Selasa, 28 Desember 2021 | 14:00 WIB
Olahraga mampu mencegah hipertensi di usia tua. (nd3000/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa jika Anda ingin melindungi diri dari tekanan darah tinggi seiring bertambahnya usia, Anda perlu rajin berolahraga setidaknya sampai usia paruh baya. Sayangnya, faktor sosial dapat membuat olahraga rutin lebih sulit dilakukan oleh sebagian orang daripada yang lain, menurut sebuah penelitian terhadap lebih dari 5.000 orang di 4 kota Amerika Serikat.

"Remaja dan mereka yang berusia awal 20-an mungkin aktif secara fisik, tetapi pola ini berubah seiring bertambahnya usia," kata Kirsten Bibbins-Domingo, ahli epidemiologi dari University of California, San Francisco (UCSF) yang menjadi salah satu penulis dalam studi baru ini, seperti dilansir Science Alert. Makalah studi ini telah diterbitkan pada April 2021 di American Journal of Preventive Medicine.

Sejumlah penelitian lain telah menunjukkan bahwa olahraga bisa menurunkan tekanan darah. Adapun peneliti baru pada 2021 ini menunjukkan bahwa "mempertahankan aktivitas fisik selama masa dewasa muda -pada tingkat yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan sebelumnya- mungkin sangat penting" untuk mencegah hipertensi, ujar Bibbins-Domingo.

Hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, adalah kondisi serius yang mempengaruhi miliaran orang di seluruh dunia. Penyakit ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kondisi ini juga merupakan faktor risiko yang bisa mengembangkan penyakit demensia di kemudian hari.

Lebih dari satu dari empat pria dan sekitar satu dari lima wanita mengalami hipertensi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sayangnya, kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi bahkan tidak tahu bahwa mereka memiliki penyakit tersebut. Itulah sebabnya kenapa hipertensi kerap disebut sebagai "pembunuh senyap".