Mengapa Benda Peninggalan Romawi Ini Masih Menyisakan Misteri?

By Utomo Priyambodo, Rabu, 29 Desember 2021 | 17:00 WIB
Dodecahedron Romawi. (Eamonn O'Mahony/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Sekilas, gambar di atas mungkin terlihat seperti model molekul yang Anda temukan di museum sains. Namun, artefak misterius itu sebenarnya dikenal sebagai "dodecahedron Romawi," dan berusia sekitar 1.800 tahun.

Menurut Fox News, dodecahedron atau dodecahedra Romawi adalah benda bersisi 12 yang terbuat dari perunggu (dan terkadang terbuat dari batu). Ke-12 wajah mereka berbentuk segi lima, dengan lubang melingkar dengan berbagai ukuran di tengah setiap wajah, ditambah kenop yang menonjol dari setiap titik.

Ukuran dodecahedra Romawi berkisar dari sekitar dua hingga lima inci, atau sekitar 5 hingga 12,5 sentimeter. Masing-masing dodecahedron sedikit berbeda dalam konstruksinya, tetapi semuanya mengikuti desain umum yang sama.

Menurut Mental Floss, dodecahedron Romawi pertama ditemukan di Inggris pada tahun 1739. Sejak itu, lebih dari 100 objek serupa telah ditemukan di seluruh Eropa, dan diperkirakan telah dibuat dari antara tahun 100 hingga 400-an Masehi. Periode tersebut kira-kira adalah masa antra puncak Kekaisaran Romawi dan runtuhnya kekaisaran tersebut.

Benda logam 12 sisi ini sangat menarik dalam desainnya, dan dibuat dengan sangat baik mengingat usianya. Tapi tentu saja, bentuk unik benda-benda ini menimbulkan pertanyaan yang jelas: Apa fungsi atau kegunaan dari benda-benda ini?

Fox News menjelaskan bahwa tidak ada sumber terdokumentasi dari era Romawi yang pernah merujuk pada dodecahedra ini, apalagi menjelaskan tujuannya. Jadi para arkeolog dan kutu buku sejarah sama-sama telah mengajukan sejumlah teori serta beberapa tebakan yang cukup liar.