15 Temuan Memukau tahun 2021, Cadas Sulawesi Selatan Salah Satunya

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 28 Desember 2021 | 13:00 WIB
Selama 2021, para ilmuwan lewat berbagai makalah ilmiah, melaporkan banyak temuan memukau. National Geographic Indonesia memilih 15 di antaranya. (International Trade Centre)

Nationalgeographic.co.id—Selama 2021, ada banyak temuan menarik yang dilaporkan para ilmuwan, mulai dari skala mikroskopik hingga kosmik. Sebagian besar dari laporan itu, kami wartakan sepanjang tahun dan 15 di antaranya dikumpulkan dalam sajian temuan yang memukau.

1. Cadas hewan tertua di dunia

Dalam pembukaan tahun 2021, penemuan arkeologi mengungkap temuan yang menggemparkan lewat cadas di Sulawesi Selatan. Temuan ini diterbitkan pada Januari 2021 di Science Advances, dan menjadikannya sebagai seni hewan tertua di dunia yang berasal dari 45.500 tahun silam.

Sketsanya menggambarkan seekor babi gemuk sedang menyaksikan dua makhluk lain yang sedang bertarung. Sebenarnya, cadas ini sudah terungkap pada 2017, laporan yang disuguhkan Griffith University dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas), mengungkapkan usianya yang ternyata sangat tua dari temuan cadas lainnya di dunia.

"Babi adalah hewan yang paling sering digambarkan pada gambar cadas zaman es di pulau ini, kemungkinan mereka memiliki nilai penting baik sebagai makanan maupun sebagai ide kreatif dan ekspresi seni," terang Maxime Aubert, salah satu anggota peneliti, yang dikutip laman National Geographic Indonesia pada 14 Januari 2021. Kisah temuan ini juga dimuat dalam artikel majalah National Geographic Indonesia edisi Februari 2021.

Lukisan cadas yang menampilkan figur babi lainnya di Leang Tedongnge. Lukisan ini belum diteliti pertanggalannya. (Adhi Agus Oktaviana/Pusat Penelitian Arkeologi Nasional)

2. Misi di Mars oleh Amerika Serikat dan Tiongkok

18 Februari, NASA dengan rover Perseverance-nya berhasil masuk ke atmosfer dan mendarat di Mars. Sepanjang 2021, lewat misinya, NASA mengumpulkan data ilmiah di Mars untuk penelitian.

19 April, Ineguity pesawat sejenis helikopter yang menumpang Perseverance, mulai melayang di atas permukaan planet merah itu. Misi itu juga mengubah sebagian atmosfer Mars yang kaya karbon dioksida menjadi oksigen untuk pertama kalinya. Sebagai bukti, dua teknologi itu mengirimkan swafoto bersama ke Bumi.

Misi itu juga diikuti oleh Tiongkok dengan rover Zhurong pada 14 Mei, yang menjadikan pendaratan pertama negara itu di Mars. Pendaratan itu berhasil setelah diluncurkan dari pesawat antariksa Tianwen-1 yang selama sebulan sebelumnya mengorbit di Mars.

Baca Juga: Robot Penjelajah NASA Menemukan Molekul Organik di Planet Mars