Apartemen Ini Didesain Khusus Bagi Pengendara Sepeda

By , Rabu, 14 September 2016 | 19:00 WIB

Perusahaan arsitektur asal Denmark, Hauschild + Siegel, membangun Cykelhuset, atau "rumah sepeda," yang akan dibuka di Malmö, Swedia, Desember tahun ini.

Berbeda dari kebanyakan bangunan lainnya, Cykelhuset akan menjadi kompleks perumahan pertama di negara tersebut yang tidak memiliki ruang parkir.

"Bangunan ini dirancang untuk menjadi lebih ramah sepeda ketika banyak orang terjebak kemacetan," ujar arsitek Hauschild + Siegel, Malmö, Gustafsson.

Kota ini umumnya mengamanatkan bahwa setiap unit apartemen harus memiliki lot parkir. Namun, Hauschild + Siegel memutuskan untuk menantang status quo tersebut dengan menghadirkan alternatif.

"Cykelhuset dimulai dengan intervensi politik untuk menantang aturan parkir kota," kata Gustafsson. 

Dia dan rekannya Cord Siegel "menyerang" departemen perencanaan di Malmö dengan mengajukan proposal Cykelhuset yang dibangun tanpa ruang parkir.

Tujuannya, untuk menciptakan lingkungan sepeda secara komprehensif yang ramah bagi warga.

Terpengaruh oleh dorongan arsitek terhadap bangunan dengan konsep keberlanjutan, departemen perencanaan pun memberi mereka lampu hijau.

Bangunan tujuh lantai ini, terletak hanya beberapa menit dari stasiun kereta api pusat, dan akan mencakup area parkir sepeda yang luas.

Lift, balkon, dan pintu dibangun lebih luas untuk mengakomodasi sepeda-sepeda penghuni.

Sebuah armada "sepeda kargo" akan tersedia untuk mengangkut anak-anak kecil atau bahan makanan dalam jumlah besar.

Setiap unit apartemen dilengkapi dengan kotak surat ekstra besar sehingga warga dapat menerima pengiriman barang untuk dibawa oleh sepeda.