Grogol, Pedesaan Kalangan Bangsawan Majapahit di Pinggiran Trowulan

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 5 Januari 2022 | 16:00 WIB
Situs Grogol (sisi bawah gambar dengan tenda-tenda penelitian) memiliki jejak peninggalan Majapahit untuk menopang Ibukota yang ada di dekatnya. Para peneliti dari Puslit Arkenas sejak 2017 terus mencoba mengungkap cerita di baliknya. (Yusmaini Eriawati dkk./Puslit Arkenas)

Nationalgeographic.co.id - Di dalam Nagarakertagama, terdapat desa yang berdiri tak jauh di luar ibukota Majapahit, Trowulan, dengan rumah penduduknya yang memiliki pagar tinggi. Kondisi itu juga sesuai dalam catatan Bujangga Manik, seorang pendeta dan pelancong yang mengunjungi ibukota Majapahit pada akhir abad ke-15.

Bukti pedesaan di luar ibukota Majapahit berada di daerah Grogol, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur. Sisa-sisa peninggalan ini hanya berisi sisa-sisa rumah, beserta barang-barang berharga, sehingga menjadikannya situs yang diteliti sejak 2017 oleh arkeolog.

Antara pedesaan Grogol dan ibukota Majapahit, lokasinya terpisahkan oleh sawah yang sangat luas, menurut para arkeolog.

Desa atau wanua seperti Grogol berfungsi untuk menopang pasokan pangan untuk pusat pemerintahan, memenuhi kebutuhan tenaga kerja, serta prajurit. Sementara pusat pemerintahan atau kraton menjadi tulang punggung perekonomian kerajaan dan bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur.

"Grogol adalah desa dekat pusat pemerintahan yang berkontribusi mendukung kehidupan 'kota' tetapi juga menerima manfaat langsung dari kehadiran 'kota', misalnya dari perdagangan atau kehidupan elit para penghuni pusat pemerintahan," tulis Junus Satrio Atmodjo dari Puslit Arkenas dalam prolog buku Grogol, Kampung Majapahit yang Sirna

Meski kawasannya lebih selatan atau lebih dekat ke gunung daripada ibukota Majapahit, Grogol berada di dataran rendah. Kawasan ini menjadi tempat tinggal karena memiliki ketersediaan kebutuhan air untuk konsumsi dan jadi transportasi air, kondisi yang tidak terlalu lembab, serta memiliki sumber dan kemudahan mendapatkan makanan.

Sumber air masyarakat Majapahit di Grogol pun melimpah. Dewangga Eka Mahardian di buku yang sama menuliskan, pedesaan kuno itu bergantung pada dua sungai yang ada di sisi selatan dan utaranya: Sungai Kencana Tirta dan Sungai Kepiting.

Baca Juga: Majapahit Tak Hanya Berkuasa di Daratan, Namun Juga Merajai Lautan

Selain itu  ibukota Majapahit, diketahui memiliki enam waduk di Trowulan, seperti Waduk Baureno, Kumitir, Domas, Kraton, Kedungwulan, dan Temon. Waduk Temon memiliki lokasi yang sangat dekat dengan Situs Grogol, hanya 30 meter.

"Bahkan ada kemungkinan pada masa lalu Situs Grogol memang pernah berada di tepian Waduk Temon," urai Dewangga. Meski demikian, Grogol tidak tersambung langsung dengan kanal-kanal Majapahit karena jaraknya yang jauh dari rute lalu-lintas perahu yang melintasi sungai di utaranya.

Struktur pedesaan kuno Grogol cukup kompleks. Bangunan-bangunan mereka memiliki pagar yang tinggi untuk melindungi penghuni di dalamnya, ada pula sistem pembuangan air atau selokan yang rapih, dan memiliki pola tata ruang pedesaan yang linear (memanjang).