Menangkap Supermoon dan 9 Kejadian Langit Lainnya yang Tidak Boleh Dilewatkan pada November

By , Kamis, 3 November 2016 | 20:00 WIB

Pada November akan terjadi beberapa hujan meteor, planet-planet yang mempesona dan kejadian angkasa lainnya yang tidak boleh terlewatkan. Bahkan pada bulan ini, Anda memiliki kesempatkan untuk menyaksikan penampakkan supermoon yang paling mengesankan selama hampir 7 dekade.

Jadi bersihkan teropong Anda dari debu dan tandai kejadian langit luar biasa ini pada Kalender bulan November milik Anda!

Venus dan Saturnus berada di dekat bulan sabit pada 2 November. (A. Fazekas, Skysafari via nationalgeographic.com)

Bulan dan Saturnus-  2 November

Sekitar satu jam setelah matahari terbenam pada zona waktu lokal Anda, tertangkap sebuah garis bulan sabit menggantung di atas Saturnus. Pasangan kosmik ini akan muncul dalam sudut kurang dari tiga derajat atau berukuran kurang dari lebar jari tengah Anda. Pada hari yang sama, superbright Venus akan bergabung di bagian sebelah kiri bulan dan saturnus.

Bula dan Mars- 5 November

Setelah matahari terbenam pada hari ini dan hari berikutnya, lihatlah bulan sabit yang menempatkan posisinya tepat bersebelahan dengan planet merah, Mars. 

Taurid Meteor Shower- 11 November

Pada tengah malam dan pagi hari berikutnya hujan meteor Taurid akan memuncak. Individu meteor tampaknya akan memancar dari kontelasi senama, Taurus, si banteng, yang akan menaiki langit selatan sepanjang malam untuk daerah dengan garis lintang pertengahan utara. Pengamat jauh angkasa akan melihat setidaknya 10 hingga 15 bintang jatuh perjam, dan akan memuncak pada pukul  5 pagi waktu setempat.

Super Duper Moon- 14 November

Rangkaian kedua dari tiga serangkai Supermoon akan terlihat pada hari ini setelah matahari terbenam pada bagian bumi sebelah timur. Supermoon pada bulan ini merupakan bulan purnama paling besar dan dekat dengan bumi sejak 1948, akan menjadi sebuah pemandangan yang benar-benar sayang untuk dilewatkan .

Bull-Eye- 15 November

Pada tengah malam tanggal 15 dan 16 November, bulan akan berada di dekat mata konstelasi Taurus.  Itu adalah mata Aldebaran yang merah dan besar  yang berjarak 67 tahun cahaya dari Bumi. Sementara itu, para pengamat langit yang berada di Timur tengah dan Seluruh Asia Tengah akan diuntungkan karena dapat menyaksikan bulan dalam posisi terbaik seperti okultisme bulan atau gerhana.

Planet Mars akan bertemu dengan bulan pada 5 November (A. Fazekas, Skysafari via nationalgeographic.com)

Leonid Meteor Shower- 16 November