Enam Destinasi Nusantara Nan Menginspirasi

By , Senin, 19 Desember 2016 | 21:30 WIB

Kepala Asrani berputar ke kiri dan kanan, sesekali kepalanya menunduk ke bawah‚ “Komodonya dekat sekali," teriaknya. Asrani, warga Kampung Merabu, Berau, Kalimantan Timur ini untuk pertama kalinya merasakan pengalaman hadir di Taman Nasional Pulau Komodo lewat Samsung Gear Virtual Reality (VR). Selain merasakan sensasi melihat komodo, Asrani juga merasa terkesan dengan keindahan alam dan budaya Batak yang ada di Pulau Samosir di Sumatra Utara yang direkam menggunakan Samsung Gear 360.

    Kampung Merabu, tempat Asrani bermukim menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi dalam program Inspirasi Pendidikan Negeri. Program ini adalah salah satu upaya menyebarluaskan wawasan seputar kekayaan alam dan budaya Indonesia dan mendorong upaya pelestariannya. Perjalanan ini bertujuan untuk mengeksplorasi alam dan budaya di Indonesia dengan mengedepankan kearifan lokal dan perspektif pariwisata berkelanjutan dalam bentuk foto dan video 360, sehingga bisa menginspirasi penikmatnya agar peduli terhadap alam dan budaya Indonesia.

    Dalam kesempatan ini National Geographic Indonesia bersama Samsung Indonesia menyampaikan kisah dengan cara baru dari enam destinasi yang dikunjungi. Salah satunya adalah Kampung Merabu. Kampung ini adalah kampung pertama di Kabupaten Berau yang memiliki hutan desa seluas 8.245 hektare. Tak jauh dari kampung, terdapat Gua Beloyot. Gua ini adalah satu dari sekian banyak gua yang menyimpan gambar cadas di kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat.

    Masing-masing destinasi yang dikunjungi memiliki karakteristik dan keunikan serta daya tarik tersendiri. Bentang alam yang beragam, budaya yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya, hingga masyarakat yang sangat ramah bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan kala menyambangi destinasi Inspirasi Pendidikan Negeri ini.     1. Pulau Samosir    Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba. Danau ini terbentuk akibat letusan vulkanik Toba sekitar 74.000 tahun silam. Peristiwa erupsi supervolcano telah menciptakan danau vulkanik terbesar di dunia, yakni Danau Toba. Dengan ukuran 90 x 30 kilometer persegi dan memiliki kedalaman hingga 500 meter, danau ini merupakan danau yang menyimpan air tawar terbesar di dunia dengan volume 250 juta meter kubik. Keunikan lainnya dari tempat ini adalah adanya danau di atas danau, yakni Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang berada di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.

Meskipun cuaca mendung, hamparan Danau Toba yang dikelilingi perbukitan menyisakan suasana nan memukai. Letusan vulkanik sekitar 74.000 tahun menciptakan pulau di tengah danau, yakni Pulau Samosir. Di Pulau Samosir ini pula adat dan budaya Batak masih bertahan hingga saat ini. (Protej/Thinkstock)

    Selain mengabadikan setiap keelokan lanskap alam yang ada di Pulau Samosir. Inspirasi Pendidikan Negeri juga mengabadikan ragam kekayaan Budaya Batak yang ada di Pulau Samosir. Salah satu destinasi yang diabadikan menggunakan Samsung Gear 360 adalah Desa Ambarita yang berada di Pulau Samosir. Desa ini menjadi satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi karena kaya akan peninggalan sejarah di masa kepemimpinan Raja Sidabutar, tokoh yang dipercaya menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di pulau tersebut.Di sana wisatawan bisa melihat dari dekat makam Raja Sidabutar, yang berusia 450 tahun, sang penguasa Pulau Samosir serta rumah adat Batak yang masih terpelihara hingga sekarang.

    Salah satu tempat yang menarik adalah Huta Siallagan, yakni Batu Kursi Raja Siallagan. Wisatawan akan melihat bebatuan yang dibentuk dan menjadi kursi raja, kursi persidangan dan batu eksekusi di zaman kerajaan Siallagan. Memasuki Gapura yang bertuliskan Huta Siallagan, wisatawan bak disambut untuk menyusuri apa-apa saja yang menjadi kekayaan budaya marga Siallagan. Perkampungan ini dibangun pada masa raja huta pertama yaitu Raja Laga Siallagan.     Sesuai dengan tajuk perjalanan ini yakni Inspirasi Pendidikan Negeri hampir setiap destinasi yang didatangi, tim akan berkunjung ke sekolah dan tempat keramaian untuk memperkenalkan kepada masyarakat lokal teknologi virtual reality. Kepada para penduduk lokal, foto dan video beberapa destinasi di Jakarta dipertunjukkan menggunakan Samsung Gear VR. Dengan peralatan besutan Samsung ini, para pengguna bisa menikmati pengalaman merasakan hadir ke dalam sebuah destinasi lebih nyata dibandingkan hanya menikmati foto dan video biasa. Tentunya hal ini menjadi pengalaman baru bagi warga dalam melihat daerah lain di Nusantara.!break!

   2. Labuan Bajo dan Taman Nasional Pulau Komodo    Labuan Bajo adalah gerbang utama untuk menjelajah Pulau Flores dan Taman Nasional Komodo. Kota cantik di tepian Laut Flores ini pamornya semakin meningkat sebagai daerah tujuan wisata tanah air beberapa tahun belakangan ini. Sebagai kota pesisir, Laboan Bajo menawarkan pemandangan matahari tenggelam nan menawan. Hamparan laut dengan ratusan kapal nelayan yang melepas sauh dipagari perbukitan nan indah menjadi salah satu pemandangan kala bersantai di tepian tebing yang berada di tengah kota.     Perjalanan kegiatan Inspirasi Pendidikan Negeri ini juga menyambangi beberapa tempat di Labuan Bajo, yakni Gua Batu Cermin yang sangat unik. Tebing batu kapur yang menjulang bisa dilihat dengan indah saat berjalan memasuki gua ini, selain itu di dalam gua juga terdapat beberapa fosil penyu dan terumbu karang. Tentunya hal ini bisa menambah khasanah pengetahuan bagi para wisatawan yang tak sekedar berkunjung menikmati panorama alam tetapi juga ada muatan ilmu pengetahuan.

Komodo dengan latar lanskap Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Komodo merupakan satwa purba yang genusnya sudah berumur sekitar 40 juta tahun. (Ringgo Wong/Thinkstock)

    Salah satu satwa yang genusnya telah berumur 40 juta tahun dan hanya hidup di kawasan ini, Komodo tentunya tak bisa dilewatkan begitu saja. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk melihat lebih dekat Naga Komodo. Di Loh Liang dan Loh Buaya, para pengunjung dengan ditemani petugas dari Taman Nasional Komodo bisa leluasa melihat hewan ini dari dekat.     Selain itu, di Kampung Komodo, dimana para warga telah hidup berdampingan dengan oran, sebutan warga lokal untuk komodo sejak dahulu kala. Warga di Kampung Komodo menekuni pembuatan kerajinan patung komodo dan beraneka buah tangan lainnya bagi para wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Selain itu, beberapa warga bekerja sebagai pemandu untuk membawa para wisatawan melihat lebih dekat hewan komodo di habitat aslinya.     Di SD dan SMP Satu Atap yang ada di Kampung Komodo, tim Inspirasi Pendidikan Negeri menghadirkan video 360 di Pulau Samosir dan Jakarta kepada para siswa. Antusiasme para siswa saat melihat dan merasakan dua destinasi tersebut telah menjadi pengalaman baru bagi mereka.     Pulau Flores tak hanya kaya dengan panorama alamnya, tradisi yang masih dijaga turut menjadi daya tarik pulau di Nusa Tenggara Timur ini. Inspirasi Pendidikan Negeri juga mengabadikan Tari Caci di Desa Melo. Selain itu pertunjukan tarian seperti Ndundu Ndake dan Kerangkuk Alu juga menjadi salah satu sajian budaya yang mampu membuat para pengunjung berdecak kagum.     Pertunjukkan tarian ini mampu tertangkap dengan baik saat diabadikan dengan Samsung Gear 360 yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat video, foto, timelapse, dan looping video dalam format 360 derajat. Dengan lensa pada dua sisi, Samsung Gear 360 mampu merekam video dengan resolusi hingga 3840 x 1920 (30 fps) dan foto 30 MP dengan resolusi 7776 x 3888 pixel. Ukurannya yang ringkas serta penggunaan yang sangat mudah, membuat Samsung Gear 360 pilihan terbaik untuk merekam setiap momen berharga.

!break!