Mencecap Kelezatan Kuliner Khas Melayu di Kota Madani

By , Jumat, 9 Desember 2016 | 18:16 WIB

Plesiran ke Kepulauan Riau kali ini membuat saya kagum akan keindahan nusantara yang membentang dari Sabang hingga Merauke, ditambah banyaknya gugusan pulau dan laut yang masih biru yang terlihat dari atas pesawat.

Kepulauan Riau dengan Tanjung Pinang sebagai Ibu Kotanya, memiliki banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Mulai dari keindahan bawah laut hingga kelezatan kuliner, semua ada di sini.

Batam merupakan kota tujuan saya kali ini. Kota yang dijuluki Kota Madani ini mempunyai beberapa pelabuhan internasional. Lokasinya yang strategis dan berada di wilayah free trade zone, membuat saya sering menjumpai turis mancanegara. Umumnya, turis yang berdatangan berasal dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Penduduk asli yang mayoritas suku Melayu, membuat saya penasaran dengan kuliner khas Melayu, salah satunya adalah mie tarempa dan luti gendang atau juga biasa disebut dengan roti gendang.

Mie tarempa adalah mie yang berasal dari Pulau Tarempa, Kepulauan Riau. Pada dasarnya, bahan mie tarempa sama dengan bahan mie lain, pembedanya hanya isiannya yang berbahan ikan seperti suwiran ikan tenggiri.

Tidak susah mencari warung makan yang menjual mie tarempa di kota ini. Kali ini, saya menjajaki Kedai Mie Tarempa di Batam Centre. Anda harus cukup jeli mencari meja yang kosong karena ramainya pengunjung bisa-bisa membuat siapapun keblinger.

Sambil menunggu pesanan mie tarempa saya datang, saya juga disuguhi satu porsi luti gendang yang berisikan 5 butir.

Sekilas luti gendang seperti panada, makanan khas Manado. Roti yang digoreng dan berisi suwiran ikan ini dijual dengan harga Rp. 3000 perbutirnya. Luti gendang ini bisa dijadikan buah tangan. Namun, jika dibawa untuk buah tangan sebaiknya beli dalam keadaan setengah matang atau yang telah dibekukan agar bisa disajikan selagi hangat.

Mie tarempa pesanan saya pun datang, tidak lupa ditaburi dengan bawang goreng dan acar cabainya. Mie yang didominasi bumbu berwarna merah cenderung jingga ini terdapat dua jenis, yaitu mie tarempa kering dan basah. Jika mie tarempa kering tanpa kuah, mie tarempa basah memakai kuah.

Legitnya mie tarempa dipadukan dengan luti gendang, dijamin memanjakan lidah bagi siapapun yang mencobanya. Jadi, jangan ragu untuk mencoba makanan khas Kepulauan Riau yang satu ini ya!

Baca versi Inggris di halaman selanjutnya (Read the English version on the next page).

!break!

Travelling to Riau Islands this time impress me with the beauty of the archipelago ranging from Sabang to Merauke, also many groups of islands and blue ocean that are visible from the plane.

Riau Islands with Tanjung Pinang as the capital city has many interesting destinations to visit. Starting from the underwater beauty to the culinary, are all here.