Cegah Serangan Jantung dengan Rutin Konsumsi 15 Makanan Ini

By , Kamis, 30 Maret 2017 | 12:00 WIB

Jantung kita merupakan salah satu organ penting dari tubuh kita. Namun faktanya, kita justru paling mengabaikan kesehatan jantung dengan gaya hidup dan pola makan yang tak sehat. 

Tidak memperhatikan pola makan yang sehat tentu akan berdampak negatif bagi tubuh. Termasuk apabila kita stres terus menerus tanpa dicari solusinya, atau melakukan diet yang tidak sehat.

Menjaga kesehatan jantung kita sebenarnya mudah. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bisa mencegah masalah jantung menyerang kita.

Nah, misalnya dengan konsumsi rutin 15 makanan berikut. Tak cuma bisa membersihkan aliran darah dan meningkatkan stamina tubuh, makanan ini juga menurunkan risiko serangan jantung.

1. Fatty Fish

Mengonsumsi jenis ikan seperti salmon, mackerel, herring, dan jenis ikan berlemak lainnya bisa mengurangi risiko aritmia.

Aritmia adalah gejala dari gangguan detak jantung dan aterosklerosis. Ini adalah kondisi di mana terjadi penyempitan dan pengerasan di dalam pembuluh darah arteri. Penyebabnya adalah pengendapan kolesterol dan zat-zat lemak lainnya. Maka sebaiknya konsumsi jenis ikan ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Oatmeal

Karena kaya akan serat, maka oatmeal bisa membantu mengurangi level kolesterol jahat dan meningkatkan fungsi pencernaan. Oatmeal yang masih kasar, justru paling sehat dibanding jenis oatmeal yang sudah diolah lainnya.

3. Berry

Blueberry dan strawberry sangat bagus untuk mengurangi tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah.

4. Dark Chocolate

Coklat hitam dengan kandungan kokoa minimal 60 hingga 70 persen akan membantu menormalkan tekanan darah dan mencegah adanya inflamasi dan pembekuan darah tak normal.