Krisis Suksesi Monarki Kuno Jepang: Tidak Ada Ahli Waris Laki-lakinya

By Utomo Priyambodo, Kamis, 6 Januari 2022 | 16:00 WIB
Kaisar Jepang Naruhito tak punya anak laki-laki. (Imperial Household Agency)

Nationalgeographic.co.id—Monarki Jepang adalah monarki berkelanjutan tertua di dunia. Kini, monarki Jepang sedang menghadapi krisis suksesi.

Dalam monarki Jepang, keturunan dan warisan kekaisaran hanya diteruskan melalui ahli waris laki-laki. Hal ini terbukti menimbulkan sedikit masalah.

AFP melaporkan bahwa keluarga pertama Jepang itu kini sedang terancam kepunahan karena kekurangan kaisar yang memenuhi syarat. Kaisar saat ini, Naruhito (61 tahun), akan digantikan oleh keponakannya, yakni Pangeran Hisahito (15 tahun). Bukan digantikan oleh putrinya sendiri, Putri Aiko (20 tahun).

Krisis suksesi Jepang berasal dari fakta bahwa jika Kaisar Hisahito di masa depan tidak memiliki seorang putra, keluarga kerajaan berusia 2.600 tahun itu akan kehabisan ahli waris laki-laki untuk melanjutkan garis keturunan.

Hampir semua jajak pendapat publik menunjukkan dukungan publik yang luar biasa untuk ahli waris perempuan. Sistem monarki Jepang saat ini dianggap sudah ketinggalan zaman dan tidak mewakili reformasi yang terjadi di masyarakat Jepang atas sejarahnya yang kaya.

Ini "sama sekali tidak didasarkan pada sistem keluarga saat ini di Jepang atau gagasan tentang kesetaraan gender. Saya pikir publik bertanya-tanya apa yang salah dengan Putri Aiko yang menggantikan takhta," kata Makoto Okawa, seorang profesor sejarah di Chuo University di Tokyo, seperti dilansir AFP. Bidang studi spesialisasi Okawa adalah sejarah sistem kekaisaran Jepang.

Baca Juga: Dewi Matahari Amaterasu, Leluhur Ilahi dari Keluarga Kekaisaran Jepang

Okawa juga menambahkan bahwa logika dan alasan tidak mengizinkan Putri Aiko yang berusia 20 tahun naik takhta dan lebih memilih sepupu laki-lakinya yang berusia 15 tahun, tidak dapat dibenarkan, terutama di zaman sekarang ini.

Ancient Origins melaporkan, sebuah panel khusus pemerintah telah mengusulkan dua solusi untuk krisis suksesi monarki Jeoang saat ini. Mereka menyarankan bahwa, pertama, wanita kerajaan harus diizinkan untuk mempertahankan gelar dan tugas mereka bahkan ketika mereka menikah dengan pria dari luar keluarga kekaisaran. Hal ini terlepas dari status quo saat ini yang menyebut perempuan yang menikah di luar keluarga kekaisaran harus meninggalkan keluarga.

Kedua, laki-laki dari 11 cabang langsung dan tidak langsung dari keluarga kerajaan yang dihapuskan dalam reformasi pasca perang harus diizinkan untuk bergabung dengan silsilah keluarga dan garis langsung melalui adopsi. Status quo juga harus tetap ada sampai Pangeran Hisahito menjadi kaisar berikutnya.

Namun, panel belum mencapai konsensus penuh, menurut laporan The Guardian. Panel telah memperingatkan bahwa jika permaisuri tidak berhenti meninggalkan keluarga, hanya Hirohito yang tersisa sebagai ahli waris yang memenuhi syarat.