Kenapa Sakit Mental Dianggap Kurang Penting Ketimbang Sakit Fisik?

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 5 Januari 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi penyakit mental. (Sydney Sims/ Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Ada sedikit keraguan bahwa dalam budaya kita, rasa sakit mental dianggap berbeda dari rasa sakit fisik. Pola yang diamati dalam sejarah ini bahkan terbukti dalam perdebatan tentang sakit mental.

Sebagai informasi, sakit mental mencakup keadaan emosional negatif yang intens seperti kesedihan, ketakutan, kesedihan, atau rasa bersalah, serta kecemasan parah dan keadaan kompleks seperti psikosis.

Tidak seperti rasa sakit fisik, ada pertanyaan yang masih belum terpecahkan dalam hal rasa sakit mental. Apakah lebih baik bagi secara pribadi jika menahan rasa sakit mental dan mengatasinya? Apakah penting bagaimana mengembangkan rasa sakit mental? Apakah cara mengobati rasa sakit itu penting? Misalnya, haruskah beberapa rasa sakit diobati secara psikologis dan yang lain dengan obat-obatan?

Dikutip Psychology Today, saat ini para psikiater kebanyakan mengobati penyakit mental dengan perawatan obat, terapi berbasis gejala seperti terapi perilaku kognitif (CBT). Tetapi butuh waktu bertahun-tahun untuk menghilangkan anggapan bahwa rasa sakit. Dalam hal ini, rasa sakit mental perlu dipulihkan dari depresi dan gangguan kejiwaan umum lainnya.

Meskipun ada kesepakatan luas (tetapi tidak universal) dalam komunitas psikiatri tentang pengobatan gangguan mental yang menyakitkan, kebutuhan akan nyeri mental dalam kehidupan sehari-hari masih sangat diperdebatkan.

Di mana ketidakpastian ini paling jelas terlihat dalam rasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai, yang juga menjadi penyebab tingginya kasus penyakit mental selama ini.

“Ini adalah akhir spektrum yang paling sulit, di mana kesedihan yang parah atau tak henti-hentinya berada, yang menyebabkan sebagian besar kontroversi.”

Selama bertahun-tahun, pengertian "kesedihan yang tertunda" atau "kesedihan yang tidak lengkap" menyiratkan bahwa seseorang yang terjebak dalam duka perlu berkabung lebih intens untuk menyelesaikan prosesnya. Banyak pendekatan saat ini untuk kesedihan yang sama menyatakan bahwa hanya dengan membuka, dan menyambut, rasa sakit kehilangan Anda dapat melanjutkan ke kehidupan pasca-berkabung.

Beberapa kombinasi dari tetap terbuka terhadap perasaan Anda dan mengatasi tentu saja merupakan pendekatan terbaik. Tetapi untuk kesedihan yang parah atau berkepanjangan, penelitian psikiatri tidak mendukung gagasan tentang berduka atau membuka lebih banyak.

Baca Juga: Studi Baru: Lebih Banyak Duduk Memiliki Kaitan dengan Kesehatan Mental

Bukti menunjukkan orang-orang yang kesedihannya berlangsung berbulan-bulan hingga bertahun-tahun dengan cara yang intens dan tidak berubah (kebalikan dari kesedihan yang tertunda) memiliki sedikit peluang untuk menjadi lebih baik.