Video Langka Ini Menangkap Perilaku Paus yang Tidak Pernah Terlihat Sebelumnya

By , Minggu, 16 Juli 2017 | 14:00 WIB

Sebuah video di bawah air menunjukkan dua paus bungkuk (humpback whales) yang sedang mengepakkan sirip mereka untuk mendorong mereka ke depan.

Dengan berbagai hiasan perairan di samudera yang bergelombang di Afrika Selatan, ahli Biologi Paolo Segre memiliki tugas yang cukup menantang: meletakkan kamera video berukuran hamburger ke paus bungkuk seberat 60 ton.

Tidak hanya itu, Segre harus menempelkan kamera tersebut ke punggung paus yang lebar dengan sepasang cangkir pengisap. Ia memasangnya dengan menggunakan tiang 20 kaki dan berusaha menghindari ekor binatang itu, yang bisa menenggelamkan kapal (dan Segre) dengan sekali “tamparan”.

Video tersebut menampilkan sesuatu yang sama sekali tidak terduga tentang spesies paus paling terkenal di dunia.

Artikel terkait : Migrasi Paus Bungkuk yang Menakjubkan dalam Tayangan Video

Ketika menyaksikan video di laboratoriumnya di California, Segre terkejut melihat dua ekor paus bungkuk menggunakan sirip depan mereka untuk mendorong maju diri mereka sambil menerjang makanan. Selama ini, para ilmuwan menganggap bahwa paus menggunakan siripnya hanya untuk mengarahkan tubuh besar mereka ke dalam air.

“Mereka tampak seperti seekor burung yang mengepakkan sayapnya,” kata Segre. “Sampai dua tahun yang lalu, kami tidak tahu apa yang ikan paus lakukan di bawah air”, imbuhnya.

Para peneliti kemudian mengamati dan mendokumentasikan perilaku paus bungkuk ini, yang diterbitkan di Current Biology, 10 Juli 2017 silam.

Artikel terkait : Gunung Bawah Laut, Persinggahan Favorit Paus Bungkuk Saat Migrasi

Energi tambahan

Seekor paus bungkuk menyuplai tubuhnya yang sepanjang 45 kaki tersebut dengan udang kecil yang disebut krill, plankton, dan tanaman kecil lainnya.

Untuk mendapatkan krill yang berukuran besar dalam jumlah yang banyak, paus bungkuk menerjangkan tubuhnya ke depan dan membuka mulutnya untuk mengumpulkan seteguk besar air laut.