Penurunan Paparan Es Larsen di Antartika dari Masa ke Masa

By , Senin, 17 Juli 2017 | 20:00 WIB

Salah satu gunung es terbesar di dunia terlepas dari Paparan Es Larsen C di Antartika dan menarik perhatian masyarakat dunia minggu ini. Tapi sebenarnya, kemerosotan Paparan Es Larsen telah berlangsung selama lebih dari dua dekade.

Penurunan dramatisnya telah didokumentasikan dalam gambar berurutan di Atlas-atlas Dunia milik National Geographic. Potongan besar paparan es bisa terlihat menghilang dalam peta dari edisi tahun 1990, 2005, dan 2015 yang terdapat dalam atlas.

Baca juga: Akibat Perubahan Iklim, Antartika Kembali Hijau Seperti Zaman Purba

Penurunan tersebut berlanjut Rabu lalu, ketika gunung es raksasa bernama A68 seukuran Pulau Bali terpecah dari Paparan Es Larsen C. Dengan luas sekitar 5.800 km persegi, A68 termasuk salah satu gunung es terbesar dalam sejarah yang terlepas dari benua itu.

Citra atlas 2015, yang diubah untuk menunjukkan wajah Paparan Es Larsen C terbaru. Area yang disorot merupakan gunung es raksasa yang baru saja terlepas pada 12 Juli 2017 lalu. (National Geographic)

Edisi Atlas Dunia National Geographic rencananya akan diterbitkan pada 2019 dan akan diperbaharui untuk menunjukkan Paparan Es Larsen C yang retak.

Paparan es adalah lapisan es tebal yang mengapung dan terhubung dengan daratan, serta mengelilingi sekitar 75 persen garis pantai Antartika. Paparan Es Larsen, yang namanya diambil dari penjelajah Norwegia, Carl Anton Larsen, berada di pesisir timur laut Semenanjung Antartika di sepanjang Laut Weddell.

Meskipun belum ada bukti konkrit bahwa perubahan iklim merupakan penyebab peristiwa lepasnya gunung es dari Paparan Es Larsen C, suhu laut yang menghangat terbukti menyebabkan paparan es semakin rentan pecah dan ambruk.

Baca juga: Alami Keretakan, Paparan Es Semenanjung Antartika Terancam Runtuh

Ketika NASA pertama kali memotret Paparan Es Larsen pada tahun 1960-an, keretakan fatal yang memisahkan gunung es raksasa ini dari Larsen C sudah terlihat.

Paparan es secara alamiah mengalami proses yang disebut calving, atau melepaskan potongan es besar. Namun, A68 dari Larsen C ini merupakan gunung es raksasa ketiga yang lepas dari paparan es tersebut sejak 1995. Jeda yang relatif singkat antar calving ini membuat beberapa ilmuwan risau.

 Larsen A, B, C

Pada Januari 1995, Larsen A, area paling utara Paparan Es Larsen, kehilangan sekitar 1994 km persegi es akibat badai ketika gunung es raksasa terlepas di bagian selatan. Pada tahun 1999, Atlas Dunia National Geographic menambahkan sebuah catatan tentang paparan es, menyebutkan adanya disintegrasi percepatan untuk pertama kalinya.

Pada tahun 2005, segmen besar Paparan Es Larsenhilang. (National Geographic)

Kemudian pada 2002, mayoritas Larsen B—yang terletak di selatan Larsen A—pecah dan ambruk hanya dalam kurun waktu satu bulan. Peristiwa ini menyebabkan berkurangnya luas paparan es sebesar 3237 km persegi.